Internet of Things, inovasi teknologi internet yang berperan penting

IoT konsep penting bangun smart city

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id




Internet of Things adalah konsep dimana objek tertentu punya kemampuan mentransfer data melalui jaringan tanpa interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer.

Singkatnya IoT adalah inovasi teknologi benda-benda sekitar dengan internet agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih muda dan efesien.

Pengaplikasian IOT sendiri sudah dilakukan oleh Provinsi DKI Jakarta, IoT menjadi pendukung utama pembangunan kota pintar atau smart city. 

Jakarta Smart City sebagai unit pengelola kota pintar di DKI Jakarta telah mengaplikasikan teknologi tersebut di berbagai bidang, antara lain CCTV online, Pelacak lokasi truk sampah, Pelacak lokasi bus Trans Jakarta, Teknologi city touch, Automatic water level recorder.

Berikut ulasan Pencapaian dari project IoT yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Rabu (30/09/2020).
[cut]


1. Pengelolaan bahaya dan bencana alam

Dengan dukungan IoT suatu organisasi bisa mendapatkan akurasi yang lebih baik ketika terjadi potensi bahaya alami. Contohnya, IoT yang terhubung dengan alat deteksi dan alarm di suatu hutan akan dapat memberikan notifikasi dini ketika terjadi potensi kebakaran hutan di suatu kawasan. Dengan pemberitahuan dini, tentu dampak terburuk bisa diminimalisir.

[cut]


2. Pengelolaan Perkotaan

Beberapa project IoT diterapkan untuk mempermudah kehidupan masyarakat di berbagai tempat, termasuk masyarakat perkotaan. Dengan sistem IoT yang diterapkan tersebut, pemerintah bisa melakukan otomatisasi manajemen dengan lebih cerdas.

[cut]


3. Pengelolaan penanganan medis

Secara keseluruhan, penambahan fitur IoT beberapa perangkat medis bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada pasien. Jadi, Bahkan sebelum terjadi pun dokter bisa mengetahui potensi gangguan kesehatan pada seorang individu dan melakukan upaya pencegahan.

[cut]


4. Smart garage door

Smart garage door merupakan project IoT yang dapat memonitor  status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan project ini, kamu bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel.

[cut]


5. Automatic car tracking adapter

Automatic car trackig adapter bisa melacak informasi tentang mobil kamu dengan menggunakan adaptor dalam mobil. Perangkat ini melacak jarak tempuh, penggerak jam, biaya bahan bakar, efesiensi bahan bakar, lokasi, dan sebagainya.

Bagikan:
Komentar

Terbaru