5 Aplikasi Google mempermudah belajar dan bekerja dari rumah

Semua kegiatan dilakukan di rumah demi mengurangi kontak fisik selama pandemi virus corona.

Editor: Hendrik Syah
Bagikan:
cover | @googleplay
Pandemi virus corona memaksa semua masyarakat beraktivitas seperti belajar dan bekerja di dalam rumah demi keselamatan bersama, banyak perusahaan melakukan Work From Home atau bekerja dari rumah. 

Semua kegiatan dilakukan dari rumah demi mengurangi kontak fisik yang nantinya dapat memicu penularan virus corona menjadi lebih luas.

Kerja jarak jauh biasanya model perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi. 

Maka, kegiatan bepergian ke kantor atau tempat kerja digantikan dengan hubungan telekomunikasi atau digital. Namun bagaimana mempermudah pekerjaan atau belajar secara digital?

Perusahaan raksasa teknologi, Google menawarkan sederet aplikasi yang akan mempermudah belajar dan juga bekerja dari rumah. Berikut ulasan 5 aplikas Google mempermudah belajar dan bekerja dari rumah yang dirangkum TOPIK.ID, Senin (26/10/2020).

1. Google Classroom.

Aplikasi besutan Google ini dirancang khusus untuk mendukung proses belajar mengajar. Membantu proses belajar antar siswa dan guru maupun mahasiswa dan dosen. 

Pengguna diminta memilih satu peran, apakah sebagai guru atau murid ketika memasuki aplikasi ini. 

Google Classroom menyediakan lama tugas untuk para murid. Tugas dan deadlinenya bisa dicatat di Google Calender. 

2. Google Docs, Sheet and Slides.

Sebagai pengguna produk Google, Anda pastinya tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini. Ketiganya terbaik ke dalam G-Suite  yang sekarang berubah nama menjadi Google Workspace.

Keunggulan dari aplikasi ini tidak perlu menekan tombol save (simpan). Artinya sistem ini bisa bekerja secara realtime dan berkolaborasi dengan tim Anda. 

Aplikasi ini akan menyimpannya secara otomatis setiap membuat suatu perubahan. Dokumen yang dibuat akan disimpan di dalam Google Drive, jadi mudah diakses dan dibagikan.

3. Google Duo.

Google Duo hampir mirip dengan Meet dan Chat yang sama-ama menonjolkan video call sebagai fitur utamanya. 

Namun, perbedaannya adalah Google Duo ini berfokus ke panggilan video antar pengguna secara privat atau berdua. Tidak mendukung multi video lebih dari dua orang. 

Maka, sangat cocok untuk karyawan yang ingin melakukan video call dengan client ataupun atasannya. Guru dan dosen juga bisa menggunakannya jika ada ujian lisan. 

4. Google Calender.

Google Calender biasanya digunakan untuk mencatat agenda kegiatan, aplikasi ini terintegrasi dengan sistem produk Google lainnya yang digunakan untuk WFH, misalnya saja Google Classroom dan Hangouts Meet. 

Tugas dan deadline yang diberikan melalui kedua aplikasi tersebut juga dicantumkan di dalam daftar Google Calender. 

5. Google Meet.

Meet banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelenggarakan meeting secara online, aplikasi ini digratiskan oleh Google saat wabah pandemi virus corona di seluruh dunia. 

Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh sekolah untuk mengadakan proses belajar mengajar secara daring. 

So, manfaatkan teknologi yang ada agar kegiatan belajar dan bekerja lebih efektif!
Bagikan:
Komentar

Terbaru