5 Raja terkaya di dunia, Benua Asia mendominasi

5 Raja terkaya di dunia

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id
Negara kerajaan atau biasa di sebut Sistem monarki merupakan sejenis pemerintahan yang dipimpin oleh seorang penguasa yang di sebut raja. sistem pemerintahan kerajaan adalah sistem tertua di dunia.

Perbedaan di antara penguasa monarki dengan presiden sebagai kepala negara adalah penguasa monarki menjadi kepala negara sepanjang hayatnya, sedangkan presiden biasanya memegang jabatan ini untuk jangka waktu tertentu.

Kerajaan biasa nya mendapatkan kekayaan turunan dari keluarga kerjaaan atau juga aset pribadi dimasing-masing bidang usaha yang dimiliki.

Mulai dari tanah hingga ribuan hektar, mobil mewah, rumah berlapis emas,hinga ekspor minyak dan gas alam.

Menariknya selama ini orang-orang mengira raja terkaya di dunia adalah Raja Arab Saudi, Sultan Brunei Darussalam, atau Ratu Elizabeth II. Ternyata perkiraan tersebut keliru. Bahkan, Ratu Elizabith II tidak masuk daftar 5 bangsawan terkaya di dunia.

Namun deretan raja tersebut notabenenya merupakan raja dari Benua Asia, tidak termasuk Benua Eropa padahal hampir seluruh benua Eropa merupakan negara maju.

Berikut ulasan 5 Raja terkaya di dunia yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Minggu (25/10/2020).
[cut]

1. Raja Maha Vajiralongkorn (Thailand)

Raja terkaya yang menempati posisi pertama adalah Raja Maha Vajiralongkorn dari thailand, bertahta sejak 2016 setelah sang ayah mangkat, Raja Maha Vajiralongkorn memiliki lebih dari 16.210 hektar tanah dengan 40.000 kontrak sewa nasional termasuk 17.000 di antaranya berada di bangkok. 

Kekayaan Raja berusia 67 ini diurus oleh Biro Properti Mahkota. Ia juga memiliki banyak saham di Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank. 

Raja Negeri Gajah Putih ini juga memegang kepemilikan Golden Jubilee Diamond yang merupakan berlian potong dan segi terbesar di dunia. 

Diperkirakan kekayaan bersih sang raja Maha Vajiralongkorn adalah 43 miliar dolar AS atau sekitar Rp 632,1 triliun.
[cut]

2. Sultan Hasanal Bolkiah (Brunei Darussalam)

Setelah Ratu Elizabeth II, Sultan Hassanal Bolkiah adalah raja dengan masa pemerintahan terlama kedua di dunia. Negara yang memnganut konsep monarki mutlak, Sultan hasanal bolkiah seorang raja sekaligus seorang Perdana Mentri di Brunei.

Kekayaannya dikabarkan dominan berasal dari bisnis ekspor minyak dan gas alam. Sultan hasanal bolkiah bahkan tinggal di istana hunian terbesar di dunia yaitu Istana Nurul yang memiliki lebih dari 1.778 kamar.Sultan juga dikabarkan memiliki lebih dari 600 mobil Rolls Royce. 

Diperkirakan total kekayaan bersih raja terkaya kedua di dunia ini adalah 28 miliar dolar AS atau sekitar Rp 411,6 triliun.
[cut]

3. Raja Salman Abdulaziz bin Saud (Arab Saudi)

Berada di urutan ketiga dari arab saudi yaitu Raja Salman Abdulaziz bin Saud. Jika digabung, keluarga Saud Arab Saudi adalah keluarga terkaya di dunia dengan kekayaan lebih dari 1 triliun dolar AS. Kekayaan mereka diperoleh dari minyak dan investasi yang mereka miliki. 

Selain itu, keluarga ini sangat tertutup tentang harta dan kekayaan mereka. Namun, dari rumah, mobil, kapal pesiar, jet pribadi, helikopter, lukisan, dan masih banyak lagi yang lainnya dapat menjadi perkiraan betapa banyak harta yang mereka miliki.

Diperkirakan kekayaan yang dimiliki Raja Salman adalah 18 miliar dolar AS atau sekitar Rp 264,6 triliun.
[cut]

4. Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan (Abu Dhabi)

Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan adalah seorang Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dan Emir (Kepala Pemerintahan) Abu Dhabi, ia memiliki kekayaan yang berasal dari menjadi ketua Otoritas Investasi Abu Dhabi yang mengelola kelebihan minyak UEA. Diperkirakan nilainya adalah setengah triliun dolar AS.

Saudara tirinya juga memiliki saham Manchester City FC dan dilaporkan Sheikh memiliki banyak properti antara lain di London. Namun, ia terkenal karena filantropinya.

Diperkirakan kekayaan bersih  yang dimiliki Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan adalah 18 miliar dolar AS atau sekitar Rp 264,6 triliun.
[cut]

5. Emir Sheikh Mohammed Bin Rashid Al Maktoum (Dubai)

Mohammed bin Rashid Al Maktoum beliau seorang Wakil Presiden UEA dan Emir Sheikh Dubai, dapat dikaitkan dengan perusahaan besar seperti Emirates Airline, The Jumeirah Group, dan DP World.

Dia juga pelopor di balik proyek-proyek besar seperti mengubah Dubai menjadi desa futuritik serta pembangunan Palm Island dan Burj Khalifa.

Diperkirakan, penunggang kuda terlatih dan penyair Arab yang diakui ini memiliki harta kekayaan bersih senilai 14 miliar dolar AS atau sekitar Rp 205,8 triliun.

Bagikan:
Komentar

Terbaru