Google rilis MakerSuite, buat aplikasi lebih mudah dengan AI

Memanfaatkan potensi secara maksimal, Google merilis MakerSuite guna membangun aplikasi yang lebih cepat dan maksimal.

Ardi Nugraha
A- A+
MakerSiuite | topik.id
Perkembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu revolusi teknologi terbesar dalam lima tahun terakhir ini. 

AI telah mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan, mulai dari perangkat smartphone yang cerdas yang sedang berkembang pesat hingga industri otomotif yang menggunakan AI secara otonom. Meskipun demikian, masih banyak potensi AI yang belum tereksplorasi sepenuhnya. 

Untuk mendorong percepatan manfaat AI agar dapat memberi potensi secara maksimal, perusahaan teknologi terbesar di dunia, Google terus melakukan terobosan.

Hal itu dibuktikan Google dengan merilis MakerSuite guna membangun aplikasi yang lebih singkat dan maksimal untuk para pengembang dan perusahaan dengan bantuan AI.

CEO, Google Cloud, Thomas Kurian mengungkapkan para pengembang aplikasi dapat mengakses model AI Google, termasuk PaLM di Google Cloud
"Bagi developer yang ingin membuat dan menyesuaikan model dan aplikasi mereka sendiri menggunakan AI generatif, mereka dapat mengakses model AI Google, termasuk PaLM , di Google Cloud. Kami menghadirkan kemampuan AI generatif baru ke portofolio Google Cloud AI kami untuk membantu developer dan organisasi mengakses keselamatan, keamanan, privasi tingkat perusahaan, serta berintegrasi dengan solusi Cloud mereka yang sudah ada," ungkap Thomas Kurian baru-baru ini di laman resmi Google.
Thomas juga merincikan kemampuan AI generatif di Google Cloud, sebagai berikut:

1. PaLM API & MakerSuite.

Cara mudah untuk mengeksplorasi dan membuat prototipe dengan aplikasi AI generatif. 

Begitu banyak pergeseran teknologi dan platform dari seluler ke komputasi awan, telah menginspirasi seluruh ekosistem pengembang untuk memulai bisnis baru, membayangkan produk baru, dan mengubah cara mereka berkreasi. 

Kami berada di tengah-tengah perubahan lain dengan AI yang berdampak besar pada setiap industri.

2. Dukungan AI generatif di Vertex AI.

Pengembang dan bisnis telah menggunakan platform AI Vertex Google Cloud untuk membangun dan menerapkan model pembelajaran mesin dan aplikasi AI dalam skala besar. 

Kami sekarang menyediakan model dasar, awalnya untuk menghasilkan teks dan gambar, dan seiring waktu dengan audio dan video. 

Pelanggan Google Cloud akan memiliki kemampuan untuk menemukan model, membuat dan memodifikasi perintah, menyempurnakannya dengan data mereka sendiri, dan menerapkan aplikasi yang menggunakan teknologi baru yang canggih ini.

Pembuat Aplikasi AI Generatif: Bisnis dan pemerintah juga ingin membangun antarmuka obrolan dan asisten digital bertenaga AI mereka sendiri. 

Untuk mengaktifkannya, kami memperkenalkan Pembuat Aplikasi AI Generatif, yang menghubungkan aliran AI percakapan dengan pengalaman pencarian yang tidak biasa dan model dasar, membantu perusahaan membangun aplikasi AI generatif dalam hitungan menit atau jam.

3. Kemitraan dan program AI baru. 

Selain mengumumkan produk Google Cloud AI baru, kami juga berkomitmen untuk menjadi penyedia cloud paling terbuka. 

Kami memperluas ekosistem AI kami dan program khusus untuk mitra teknologi, penyedia perangkat lunak yang berfokus pada AI, dan perusahaan rintisan.

Sementara itu, dari hasil ujicoba yang dilakukan tim topik.id di platform MakerSuite, pengguna dapat menggunakan tiga fitur: 

Dasbor MakerSuite | topik.id

  • Permintaan teks: Cara bentuk bebas untuk bereksperimen dengan model bahasa.
  • Permintaan data: Tabel yang menggunakan baris dan kolom untuk mengatur petunjuknya.
  • Perintah obrolan: Template untuk percakapan chatbot bolak-balik
Namun untuk dapat menggunakan platform MakerSuite pengguna harus mendaftar dengan akun Google sebagai daftar tunggu terlebih dahulu hingga pihak Google memberikan notifikasi ke akun terdaftar.

Berikut cuplikan demo MakerSuite: 

Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks