Velox, robot serbaguna dapat bergerak di darat dan laut

Dharma Putra

Empat dimensi dengan geometri hiperbolik yang memungkinkan robot berenang, merangkak dan menyelam seperti cumi-cumi dan meluncur seperti ular.


Robot Velox dikembangkan oleh perusahaan Pliant Energy Systems Inc untuk dapat bergerak melalui air serta di atas pasir, kerikil, salju, es dan tanah.

Robot ini dapat menyelesaikan tugas yang tidak cocok untuk robot yang dirancang untuk darat atau laut. 

Keserbagunaan Velox pada sirip lunaknya yang bergelombang, Robot Velox bergerak dalam pola hiperbolik yang seperti ikan pari atau kaki seribu. 

Pliant Energy awalnya mengembangkan sirip sebagai sistem pembangkit listrik dari sungai, Robot Velox dapat menggunakan beberapa mode penggerak yang ditemukan pada hewan hanya dengan menggunakan sepasang sirip. 

Sirip ini digambarkan sebagai objek empat dimensi dengan geometri hiperbolik yang memungkinkan robot berenang, merangkak dan menyelam seperti cumi-cumi dan meluncur seperti ular. 

Sebagai kendaraan bawah air, kemampuan robot untuk membalikkan arah secara instan dan melakukan belokan cepat membuatnya ideal untuk tugas-tugas seperti inspeksi terumbu karang atau berburu ikan di mana kapal harus bermanuver dengan cepat untuk melihat sekeliling dan di antara objek.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks