Platform Google ini bisa cek kualitas udara lebih akurat, tapi bayar

Google meluncurkan Platform Air Quality API yang memberikan informasi kualitas udara yang lebih akurat.

Hendrik Syahputra
A- A+
Google Maps Platform | foto: @google
Google dikenal sebagai perusahaan teknologi yang memberikan alat atau tools gratis, salah satunya adalah Google Maps, peta interaktif yang memungkinkan pengguna untuk menemukan lokasi, rute perjalanan, dan informasi lainnya.

Hari ini, Google meluncurkan Platform Air Quality API yang memberikan informasi kualitas udara yang lebih akurat. Sistem yang dikembangkan Google ini berbasis cloud disatukan dalam paket penggunaan di Google Maps Platform, artinya ditujukan baik untuk perusahaan bisnis atau pemerintahan.

Perusahaan yang dinahkodai Sundar Pichai itu juga mengungkapkan, pelacakan saat ini menggunakan metode pelaporan tradisional sering kali menjadi tantangan karena keterbatasan seperti keterlambatan pelaporan dan kurangnya cakupan antar stasiun. 
"Untuk memperhitungkan sifat dinamis polusi udara, kami menggabungkan informasi dari berbagai sumber data, yang mencakup stasiun pemantauan pemerintah, sensor, model, data meteorologi, satelit, tutupan lahan, dan informasi lalu lintas langsung. Pendekatan ini berarti kami dapat mengumpulkan informasi bahkan ketika satu sumber tidak tersedia," keterangan tertulis di laman resmi Google, Selasa (29/8/2023).
Google melaporkan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, polusi udara adalah salah satu risiko lingkungan terbesar terhadap kesehatan. Dengan adanya perubahan iklim dan meningkatnya kebakaran hutan di seluruh dunia.


"Kualitas udara yang kita hirup kemungkinan besar akan terus memburuk. Hari ini kami mengumumkan ketersediaan umum API Kualitas Udara kami, sebagai bagian dari rangkaian API lingkungan baru yang tersedia dari Google Maps Platform. API Kualitas Udara memberi Anda akses ke data kualitas udara yang kuat dan andal, memungkinkan Anda memvisualisasikan polusi melalui peta panas, dan memungkinkan Anda berbagi rincian dan rekomendasi polutan secara mendalam," terangnya.

Google juga menjelaskan data kualitas udara mencakup kualitas udara terkini dan historis, dihitung di hampir setengah miliar lokasi di seluruh dunia, mencakup 100 negara hingga resolusi 500 meter (atau 1650 kaki). 

"Karena kualitas udara sering kali diukur pada skala yang berbeda di seluruh dunia, kami menyediakan indeks kualitas udara universal untuk memudahkan perbandingan global; selain itu, lebih dari 70 indeks lokal juga disertakan. Dan Anda dapat memberikan perincian ini di seluruh dunia dan, di banyak negara, dalam indeks lokal pengguna Anda agar mudah dikenali atau sebagai indeks universal agar mudah dibandingkan dengan lokasi lain," jelasnya.

Pihak Google merincikan, produk ini ditujukan untuk bisnis, organisasi dan pemerintahan, sebab Air Quality API mendukung berbagai kasus penggunaan dengan manfaat terkait kesehatan.

"Baik bisnis Anda sedang mencari cara untuk membangun loyalitas dan kepercayaan merek, meningkatkan keterlibatan dan nilai produk, atau menjadi katalisator bagi komunitas yang lebih berpengetahuan, Air Quality API mendukung berbagai kasus penggunaan dengan manfaat terkait kesehatan bagi pelanggan Anda," ungkapnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks