Manfaat saluran WhatsApp untuk bisnis, begini cara membuatnya

Ardi Nugraha

Memanfaatkan saluran WhatsApp untuk bisnis guna memberikan informasi terbaru terkait produk dan layanan.

WhatsApp
WhatsApp, sebagai platform komunikasi instan yang populer, bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi antar individu, aplikasi yang dimiliki perusahaan Meta itu juga memiliki potensi besar sebagai alat yang efektif untuk menjalankan bisnis. 

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, banyak perusahaan mengintegrasikan WhatsApp ke dalam strategi pemasaran dan layanan pelanggan mereka. Salah satunya ialah memanfaatkan saluran WhatsApp untuk bisnis guna memberikan informasi terbaru terkait produk dan layanan.
"Walaupun beberapa fitur tampak familier dengan yang ada di chat WhatsApp, informasi saluran merupakan siaran satu arah, bukan percakapan. Pengikut tidak dapat membalas informasi secara langsung atau mengirim pesan ke admin saluran," tulis WhatsApp di laman resminya baru-baru ini.
Namun, pengikut dapat menunjukkan minat mereka terhadap konten saluran dengan reaksi emoji di informasi saluran yang dibagikan atau memberikan suara ke polling. Lantas apa saja manfaat Saluran WhatsApp? Berikut ulasan dan cara membuatnya:

Komunikasi:

Saluran WhatsApp memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur admin yang dapat berkomunikasi langsung dengan pengikut, perusahaan dapat menyampaikan informasi terbaru, mempromosikan produk, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Layanan:

WhatsApp dapat digunakan sebagai saluran layanan pelanggan yang efisien. Pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik, atau melaporkan masalah melalui pesan instan. Tim layanan pelanggan dapat merespons dengan cepat, meningkatkan kepuasan pelanggan.

Pemasaran:

Bisnis dapat menggunakan saluran WhatsApp untuk mengirimkan penawaran, diskon, dan informasi promosi langsung ke pelanggan mereka. Pesan langsung ini dapat menjadi cara yang lebih pribadi untuk berhubungan dengan pelanggan dan meningkatkan keterlibatan.

Pemberitahuan:

WhatsApp menyediakan fitur pemberitahuan otomatis yang dapat digunakan untuk mengirimkan pengingat atau informasi penting kepada pelanggan. Ini membantu memastikan bahwa pelanggan tetap terinformasi tentang berbagai aspek bisnis.

Cara Membuat Saluran WhatsApp untuk Bisnis

  • Buka WhatsApp dan masuk ke tab "Pembaruan."
  • Ketuk ikon "+" dan pilih "Saluran Baru."
  • Ketuk "Mulai" dan ikuti petunjuk yang disediakan oleh WhatsApp.
  • Tambahkan deskripsi dan ikon untuk saluran baru.
  • Selesaikan dengan menekan "Buat Saluran."
Namun jangan lupa lengkapi profil bisnis Anda dengan informasi yang relevan, seperti logo perusahaan. Ini membantu pelanggan mengenali dan mempercayai bisnis Anda.

Dengan mengoptimalkan WhatsApp sebagai saluran bisnis, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperbaiki layanan pelanggan, dan memperluas jangkauan pemasaran. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks