Buat robot AI, Intrinsic Alphabet kolaborasi dengan NVIDIA

Dharma Putra

Memproses dan memahami informasi sensor dan robot sama ajaibnya dengan ChatGPT.

Salah satu robot yang diintegrasikan | foto: intrinsic.ai
Kolaborasi NVIDIA dengan Intrinsic, perusahaan perangkat lunak robotika dan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terkemuka Alphabet induk dari perusahaan Google, menunjukkan potensi keterampilan menggenggam robot yang dapat diterapkan secara universal untuk bekerja di seluruh gripper, lingkungan, dan objek.

Hal itu diungkapkan di laman resmi NVIDIA, merincikan Intrinsic telah mengintegrasikan teknologi platform NVIDIA AI dan Isaac untuk memajukan bidang kompleks manipulasi robot otonom.

Minggu ini di pameran dagang Automate, di Chicago, Intrinsic menyoroti lompatan dalam genggaman robot dan skalabilitas industri yang dibantu oleh model dasar yang diaktifkan oleh NVIDIA Isaac Manipulator, yang membuka nilai baru dalam otomasi industri dengan AI.
"NVIDIA meluncurkan Isaac Manipulator di GTC pada bulan Maret. Isaac Manipulator adalah kumpulan model dasar dan pustaka akselerasi GPU modular yang membantu perusahaan otomasi industri membangun alur kerja yang skalabel dan berulang untuk tugas manipulasi dinamis dengan mempercepat pelatihan model AI dan pemrograman ulang tugas," ungkap pihak NVIDIA seperti dikutip topik.id, Selasa (7/5/2024).
Model dasar didasarkan pada arsitektur pembelajaran mendalam transformator yang memungkinkan jaringan saraf belajar dengan melacak hubungan dalam data. Mereka umumnya dilatih pada kumpulan data yang sangat besar dan dapat digunakan untuk memproses dan memahami informasi sensor dan robot sama ajaibnya dengan ChatGPT untuk teks. 

Hal ini memungkinkan persepsi dan pengambilan keputusan robot tidak seperti sebelumnya dan memberikan pembelajaran zero-shot — kemampuan untuk melakukan tugas tanpa contoh sebelumnya.

Sementara itu CEO Intrinsic, Wendy Tan White dalam postingan blognya mengumumkan kolaborasi dengan NVIDIA. Ia akan menyampaikan pidato utama di Automate tentang arti kebangkitan AI bagi inovasi dan pertumbuhan.

"Untuk industri yang lebih luas, kerja sama kami dengan NVIDIA menunjukkan bagaimana model dasar dapat memberikan dampak yang besar, termasuk menjadikan tantangan pemrosesan saat ini lebih mudah untuk dikelola dalam skala besar, menciptakan aplikasi yang sebelumnya tidak dapat dilakukan, mengurangi biaya pengembangan, dan meningkatkan fleksibilitas bagi pengguna akhir," beber Wendy Tan White, CEO Intrinsic.

Melalui kolaborasi ini, NVIDIA dan Intrinsic berencana menghadirkan ketangkasan tercanggih dan kemampuan AI modular untuk lengan robot, dengan koleksi model dasar yang kuat dan perpustakaan yang dipercepat GPU untuk mempercepat lebih banyak tugas robotika dan otomasi baru.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks