Google: Fitur ringkasan AI sudah digunakan miliaran pencarian

Tamara

Fitur ini dirancang untuk memberikan jawaban ringkas dan relevan dari berbagai sumber.

Search Labs | foto: google
Google terus berinovasi dengan memanfaatkan artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Salah satu fitur terbaru yang telah mencuri perhatian adalah fitur ringkasan AI (Overview).

Fitur yang kini telah digunakan miliaran kali dalam pencarian. Fitur ini dirancang untuk memberikan jawaban ringkas dan relevan dari berbagai sumber di internet, sehingga memudahkan pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih cepat dan efisien. 

Inovasi ini menunjukkan bagaimana Google terus beradaptasi dengan kebutuhan pengguna yang semakin dinamis di era digital saat ini.

Merujuk dari laman Google Indonesia, VP, Head of Google Search, Liz Reid merincikan selama 25 tahun terakhir, setelah melalui banyak perubahan teknologi.
"Kami terus berinovasi serta menambahkan banyak fitur dan kemampuan baru ke Google Search. Dengan cermat, kami terus mengasah inti sistem kualitas informasi kami untuk membantu Anda menemukan informasi terbaik di internet. Kami juga telah membangun pusat informasi yang berisi miliaran fakta tentang orang, tempat, dan lain-lain agar Anda dapat memperoleh informasi terpercaya dalam sekejap mata," jelasnya dalam postingan Blog Google Indonensia, Senin (20/5/24).
Selain itu, kini dengan AI generatif, Google Search dapat melakukan lebih dari yang dibayangkan. Pengguna dapat menanyakan apa pun yang dipikirkan atau hal apa pun yang perlu diselesaikan, mulai dari melakukan riset, melakukan perencanaan, hingga bertukar ide dan Google akan mengurusnya.


"Semua itu dapat dilakukan berkat model Gemini baru yang dibuat khusus untuk Google Search. Model tersebut memadukan semua kecanggihan dan kemampuan Gemini, termasuk kemampuan penalaran multi-langkah, perencanaan, dan multimodal, dengan sistem Penelusuran kami yang terbaik di kelasnya," jelasnya.

Sementara itu, untuk mendapatkan jawaban cepat dengan AI Overview (Ringkasan AI), pengguna mungkin pernah mencari jawaban untuk sebuah pertanyaan, tapi tak punya waktu untuk mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan. Google Search dapat membantu dengan fitur AI Overview.

"Melalui eksperimen kami di Search Labs, fitur AI Overview sudah digunakan miliaran kali oleh banyak orang. Mereka sangat suka fitur ini karena dapat memperoleh rangkuman singkat mengenai suatu topik yang mereka cari, disertai link-link untuk mempelajarinya lebih lanjut. Dengan fitur AI Overview, kami mendapati bahwa orang-orang makin sering menggunakan Google Search, dan lebih puas dengan hasilnya," terangnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks