Ini internet kecepatan laser besutan Google, siap tantang Starlink

Hardi Muttaqin

Aalyria menggabungkan dua sistem menjadi satu kesatuan, Spacetime dan Tightbeam.

foto: Aalyria Technologies, Inc
Internet Starlink besutan Elon Musk dalam projek SpaceX bakal mendapat pesaing kuat, penantangnya yaitu Aalyria Technologies, Inc, anak perusahaan Alphabet induk dari Google.

Baru-baru ini Aalyria,  mengumumkan pada 12 Februari 2024 bahwa telah berhasil mendemonstrasikan platform perangkat lunaknya untuk mengelola jaringan mesh satelit komunikasi.

Demonstrasi pada tanggal 7 Desember tahun lalu di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut di Washington, DC, didanai oleh Unit Inovasi Pertahanan sebagai bagian dari upaya yang lebih besar untuk menciptakan arsitektur satelit berlapis-lapis dari vendor dan orbit berbeda. 

Aalyria, yang berbasis di Livermore, California, bekerja di bawah kontrak senilai $8,7 juta dari DIU untuk mengimplementasikan perangkat lunak Spacetime guna mendukung arsitektur ruang hybrid. 

Unit Inovasi Pertahanan, atau DIU, adalah lembaga Pentagon yang bekerja dengan sektor swasta dan mengidentifikasi teknologi komersial yang dapat memenuhi kebutuhan militer. Mereka memulai proyek jaringan hibrida pada tahun 2022 untuk membantu memenuhi permintaan militer akan komunikasi global terlepas dari keterbatasan atau gangguan infrastruktur terestrial.
"Demonstrasi ini memvalidasi kemampuan Aalyria dalam mengaktifkan jaringan hibrid di luar angkasa, menghubungkan satelit-satelit di berbagai orbit dan penyedia layanan," ungkap Chris Taylor, pendiri dan CEO Aalyria seperti dikutip topik.id dari laman spacenews, Senin (13/5/2024). 

 Perjalanan pengembangan

Perangkat Tightbeam
Aalyria menyatukan dua teknologi yang awalnya dikembangkan di Alphabet, induk perusahaan Google, sebagai bagian dari upaya konektivitas nirkabelnya.

"Aalyria menyatukan dua teknologi yang awalnya dikembangkan di Alphabet sebagai bagian dari upaya konektivitas nirkabelnya: atmosfer, laser komunikasi teknologi dan aperangkat lunakplatformuntuk mendalangi jaringan di darat, laut, udara, ruang dan seterusnya. Ini didukung oleh investor Silicon Valley terkemuka termasuk pendiri Accel, J2 Ventures dan Housatonic," keterangan tertulis dari laman resminya.

Sistem Aalyria menggabungkan dua sistem menjadi satu kesatuan, Spacetime adalah teknologi orkestrasi jaringan cerdas perangkat lunak dan Tightbeam adalah teknologi komunikasi laser atmosfer canggihnya. 

Sistem ini mengaktifkan bersama-sama dalam jaringan yang kompleks pada skala dan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya. 

Aalyria saat ini mendukung jaringan komunikasi dengan hingga 15 juta tautan yang memungkinkan dan kecepatan koneksi nirkabel hingga 1,6 Tbps. Berikut rangkuman cara kerjanya:

Spacetime 

Platform perangkat lunak untuk mengatur jaringan stasiun bumi, pesawat terbang, satelit, kapal, dan jaringan perkotaan. Ini mengoptimalkan dan terus mengembangkan penjadwalan tautan antena, perutean lalu lintas jaringan, dan sumber daya spektrum yang merespons perubahan kebutuhan jaringan secara realtime.

Spacetime mengoperasikan jaringan di darat, laut, udara, dan ruang angkasa, pada ketinggian atau jenis orbit apa pun, mendukung semua pita frekuensi radio dan panjang gelombang optik, dan dirancang untuk interoperabilitas dengan arsitektur jaringan warisan, ruang hybrid, 5G NTN, dan FutureG.

Tightbeam 

Teknologi optik ruang bebas cahaya koheren tercanggih di dunia. Dengan kecepatan lebih cepat daripada solusi lain yang tersedia saat ini dan mencakup jarak yang lebih jauh dari yang dibayangkan sebelumnya, ini memindahkan data utuh melalui atmosfer dan cuaca, dan menawarkan konektivitas di mana tidak ada infrastruktur pendukung. 

Tightbeam secara fokus meningkatkan komunikasi satelit, Wi-Fi di pesawat dan kapal, serta konektivitas seluler di mana saja.

Meski teknologinya berasal dari Google, Aalyria merupakan perusahaan independen dengan dua produk utama. Salah satunya adalah platform perangkat lunak Spacetime untuk orkestrasi dan perutean jaringan. Yang lainnya adalah terminal komunikasi laser untuk mengirimkan data dari luar angkasa melalui atmosfer ke tanah.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks