Tambah canggih, ChatGPT bisa integrasikan data dari Google Drive

Hardi Muttaqin

Berinteraksi dengan tabel dan bagan dalam tampilan baru yang dapat diperluas.

Ilustrasi bagan chart | foto: @openai 
Kecanggihan teknologi OpenAI yang mengembangkan ChatGPT berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus berkembang pesat.

Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat (AS) itu membawa berbagai inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari. Salah satu perkembangan terbaru adalah kemampuan ChatGPT untuk mengintegrasikan data dari Google Drive. 

Seperti penelusuran topik.id, Sabtu (18/5/2024) dari laman resmi OpenAI, kemampuan ini membuka cara baru dalam pemrosesan dan pengelolaan informasi, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses, mengolah, dan memanfaatkan data secara lebih efisien.
"Perbaikan analisis data di ChatGPT. Berinteraksi dengan tabel dan bagan serta tambahkan file langsung dari Google Drive dan Microsoft OneDrive," tulis pihak OpenAI di laman resminya. 
Selain itu, pihak OpenAI mengungkapkan mulai meluncurkan penyempurnaan pada analisis data, seperti:
  • Unggah versi file terbaru langsung dari Google Drive dan Microsoft OneDrive.
  • Berinteraksi dengan tabel dan bagan dalam tampilan baru yang dapat diperluas.
  • Sesuaikan dan unduh bagan untuk presentasi dan dokumen.
Cara kerja analisis data di ChatGPT, peningkatan ini didasarkan pada kemampuan ChatGPT untuk memahami kumpulan data dan menyelesaikan tugas dalam bahasa alami. 

"Untuk memulai, unggah satu atau lebih file data, dan ChatGPT akan menganalisis data Anda dengan menulis dan menjalankan kode Python atas nama Anda. Ini dapat menangani berbagai tugas data, seperti menggabungkan dan membersihkan kumpulan data besar, membuat bagan, dan mengungkap wawasan," jelasnya kembali. 

Hal ini memudahkan pemula untuk melakukan analisis mendalam dan menghemat waktu para ahli dalam tugas pembersihan data rutin.

"Kerjakan tabel secara real-time. Saat Anda menambahkan kumpulan data, ChatGPT akan membuat tabel interaktif yang dapat Anda perluas ke tampilan layar penuh sehingga Anda dapat mengikutinya saat tabel diperbarui selama analisis Anda," terangnya.

Lanjutnya, pengguna dapat meng-klik pada area tertentu untuk mengajukan pertanyaan lanjutan, atau pilih salah satu petunjuk yang disarankan ChatGPT untuk mempelajari analisis lebih dalam.

"Misalnya, Anda dapat meminta ChatGPT untuk menggabungkan spreadsheet pengeluaran bulanan dan membuat tabel pivot yang dikategorikan berdasarkan jenis pengeluaran," jelasnya.

Luncurkan ChatGPT-4o.

logo OpenAI
Sebelumnya, pertanggal 13 Mei 2024 lalu, OpenAI mengumumkan pengguna ChatGPT Plus akan dapat mengirim hingga 80 pesan setiap 3 jam di GPT-4o dan hingga 40 pesan setiap 3 jam di GPT-4. 

GPT-4o merupakan model andalan baru OpenAI yang dapat menganalisis audio, penglihatan, dan teks secara real-time yang lebih cepat.

"GPT-4o akan tersedia di ChatGPT dan API sebagai model teks dan visi ChatGPT akan terus memiliki dukungan untuk suara melalui fitur Mode Suara yang sudah ada sebelumnya pada awalnya," keterangan tertulis di laman bantuan OpenAI.

Secara khusus, GPT-4o akan tersedia di ChatGPT Gratis, Plus, dan Tim (dengan Enterprise segera hadir) dan di Chat Completions API, Assistants API, dan Batch API.

"Kami dapat mengurangi batas selama jam sibuk agar GPT-4 dan GPT-4o dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang," jelasnya.

 Batas pesan GPT-4 dan GPT-4o untuk pengguna di ruang kerja Tim ChatGPT lebih tinggi dibandingkan ChatGPT Plus.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks