Jadwal PPDB 2024 untuk SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat

Ardi Nugraha

PPDB tahun ini dibagi menjadi dua tahap dengan jadwal yang telah ditentukan.

Disdik Jabar
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024 untuk jenjang SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) telah diumumkan. PPDB tahun ini dibagi menjadi dua tahap dengan jadwal yang telah ditentukan. Berikut adalah rincian jadwal dan tahapan penting yang perlu diperhatikan oleh calon peserta didik dan orang tua.

Dari penelusuran topik.id, Senin (3/6/2024) dari laman disdik.jabarprov.go.id, PPDB tahun ini terdiri dari dua tahap pendaftaran, dengan jadwal yang sudah ditentukan secara rinci. 

Tahap pertama berlangsung mulai awal Juni, sementara tahap kedua akan menyusul pada akhir Juni. Seluruh proses ini didukung oleh berbagai platform digital, termasuk situs resmi dan aplikasi mobile, untuk memudahkan pendaftaran dan verifikasi dokumen. Berikut Jadwalnya:

Jadwal PPDB Tahap 1

3-7 Juni 2024

Pendaftaran dan Verifikasi Dokumen PPDB Tahap 1: Calon peserta didik harus melakukan pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan untuk diverifikasi oleh panitia PPDB.

Masa Sanggah Verifikasi: Selama periode ini, calon peserta didik yang merasa hasil verifikasinya tidak sesuai dapat mengajukan sanggahan.

10-12 Juni 2024

Pemetaan/Penyaluran Afirmasi KETM non Ekstrim: Proses pemetaan dan penyaluran afirmasi untuk kelompok ekonomi tidak mampu (KETM) yang bukan kategori ekstrim.

13-14 Juni 2024
  • Rapat Dewan Guru Penetapan Hasil Seleksi PPDB Tahap 1: Guru-guru akan mengadakan rapat untuk menetapkan hasil seleksi PPDB Tahap 1.
  • Koordinasi Satuan Pendidikan dengan Cabang Dinas: Koordinasi antara satuan pendidikan dengan cabang dinas terkait hasil seleksi.
  • Rapat Koordinasi Penyaluran KETM yang Tidak Lolos Seleksi: Membahas penyaluran bagi peserta KETM yang tidak lolos seleksi tahap pertama.
19 Juni 2024

Pengumuman PPDB Tahap 1: Hasil seleksi PPDB Tahap 1 akan diumumkan.

20-21 Juni 2024

Daftar Ulang PPDB Tahap 1: Peserta yang lolos seleksi tahap pertama harus melakukan daftar ulang.

Jadwal PPDB Tahap 2

24-28 Juni 2024

Proses pendaftaran dan seleksi untuk tahap kedua akan dilaksanakan.

Cara Mengakses Informasi dan Pendaftaran.
  • Website Resmi: Untuk informasi lebih lanjut dan proses pendaftaran, kunjungi disdik.jabarprov.go.id.
  • Aplikasi PPDB: Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi "Sapawarga" yang tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS.
Pastikan untuk mengikuti setiap tahapan sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk kelancaran proses PPDB. Seluruh informasi dan panduan terkait PPDB dapat diakses melalui website resmi atau aplikasi yang telah disediakan. 

Jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dan mengikuti setiap instruksi dengan seksama. Semoga proses PPDB 2024 berjalan lancar dan sukses bagi semua calon peserta didik.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks