Lakukan migrasi data, sebagian layanan PDNS mulai pulih

Proses recovery atau pemulihan jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara.

M. Ihsan
A- A+
ilustrasi server | cover: topik.id
Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Telkom Sigma, dan beberapa Kementerian/Lembaga pengguna Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 berangsur memulihkan sistem layanan yang terdampak.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengungkapkan sudah ada 44 instansi yang datanya sudah di migrasi akibat dari serangan ransomware yang menyasar ke PDNS 2 yang berada di Surabaya.

Lanjut Wamenkominfo, sedangkan data dari 238 instansi lainnya, dari total 282 instansi yang terdampak masih dalam proses monitoring, sedangkan yang lain menurutnya tidak memiliki backup data.
"Kita berharap pemulihannya bisa lebih cepat dan melakukan migrasi data pemulihannya karena ransomware itu dia encrypt data," ungkap Wamenkominfo Nezar kepada para awak media setelah menghadiri diskusi publik yang bertema Menyiapkan Regulasi AI yang Bertanggungjawab dan Terpercaya untuk Indonesia, Rabu (26/6/2024) di Jakarta. 
Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan menyatakan proses recovery atau pemulihan jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara dengan menggunakan data backup PDNS 1 dan PDNS 2.

"Hingga hari ini, terdapat 3 layanan yang sudah berangsur pulih yaitu layanan keimigrasian, layanan perizinan event Kemenkomarves dan layanan LKPP," jelasnya di Jakarta Pusat, Selasa (25/6/2024).

Menurut Dirjen Semuel, saat ini upaya terus dilakukan untuk memulihkan 282 tenant PDNS 2.

Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Tbk Herlan Wijanarko menjelaskan bahwa layanan PDNS didukung dua Data Center yang berada di Tangerang dan Surabaya serta satu DRC yang bersifat cold backup di Batam.

"Setelah terjadi gangguan di PDNS 2 Surabaya akibat serangan Ransomware Brain Cipher, terdapat 282 tenant yang terdampak. Proses recovery jangka pendek dilakukan dengan mengembalikan layanan di DRC Sementara di Tangerang dengan menggunakan data backup yang tersedia," jelasnya.

Menurut Herlan Wijanarko, dalam jangka menengah, Telkom Sigma dan Lintas Arta akan segera melakukan pemulihan PDNS 2 secepatnya bersamaan dengan proses forensik yang terus berjalan.

"Untuk jangka panjang akan dilakukan dengan normalisasi arsitektur keseluruhan setelah PDNS 2 kembali berfungsi," jelasnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks