5 Tips dari orang dalam Google menulis prompt yang bagus di Gemini

Gemini mempermudah pengguna untuk memanfaatkan kecerdasan buatan.

Tamara
A- A+
Gemini
Gemini merupakan platform artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang hadir di panel samping ruang kerja pada beberapa platform Google, memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengobrol dan berinteraksi langsung dengan Gemini seperti Gmail, Docs, Sheets, Slides, dan Drive, tanpa perlu meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan. 

Kontributor, The Keyword Google Molly McHugh-Johnson mengungkapkan sejak diluncurkan bulan lalu, Gemini di panel samping Workspace telah mempermudah banyak orang. 
"Dulu Anda harus berpindah dari Gmail ke Docs untuk mengambil informasi untuk sebuah pesan, kini Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan tepat di samping draf Anda dengan perintah sederhana. Mencari uraian singkat fakta-fakta penting dari beberapa file di Drive? Gemini di panel samping Workspace juga dapat membantu Anda, tidak perlu tab baru," jelas Molly di laman blog Google, dikutip Selasa (30/7/2024).
Panel samping memungkinkan pengguna mengobrol dengan Gemini untuk meringkas, menganalisis, dan membuat konten dari email dan file di Gmail, Docs, Sheets, Slides, dan Drive, semuanya tanpa perlu meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan. 

Sementara itu, Direktur Produk Workspace Vishnu Sivaji merincikan Gemini membantu aplikasi ini menjadi benar-benar lintas produk.

"Kami ingin membangun tingkat koneksi yang sama sekali baru antara aplikasi Workspace, Gemini membantu aplikasi ini menjadi benar-benar lintas produk" kata Direktur Produk Workspace Vishnu Sivaji. 

Vishnu juga mengatakan langkah pertama untuk menggabungkan Gemini for Google Workspace secara efektif ke dalam alur kerja harian adalah mempraktikkan seni prompting atau prompt seperti perintah kerja untuk AI.

Jadi, berdasarkan keahliannya, Google memintanya untuk membagikan lima kiat terbaiknya dalam menulis prompt yang efektif untuk membantu pengguna memaksimalkan Gemini di panel samping Workspace. 

Berikut lima tips dari Google untuk menulis prompt yang bagus dilansir dari laman resmi Google:

1. Ambil isyarat dari saran-saran tersebut.

Saat Anda membuka Gemini di panel samping aplikasi Workspace, Anda akan melihat saran khusus produk: Di Gmail, panel samping menampilkan ide seperti "temukan lampiran di email saya;" di Docs, Anda mungkin melihat "tulis ulang bagian dokumen ini;" atau di Sheets, Gemini mungkin menyarankan "ajari saya cara menggunakan pemformatan bersyarat".

Gemini di panel samping Docs dapat memberikan saran untuk meringkas, menyempurnakan, atau menyusun ulang konten Anda.

“Banyak orang yang masih baru dalam menggunakan AI generatif untuk tugas harian di tempat kerja. Bagi siapa pun yang tidak yakin mengapa atau bagaimana berinteraksi dengan panel samping, saran-saran ini adalah tempat yang bagus untuk memulai,” kata Vishnu. 

Saran-saran ini juga merupakan indikasi jenis tugas apa yang akan sangat cocok dilakukan Gemini dalam aplikasi tertentu. “Dan untuk semua yang Anda lihat di sini, ada banyak sekali penelitian, pengujian, dan penjelajahan perjalanan pengguna di baliknya,” kata Vishnu.

2. Fokus pada dasar-dasar: persona, tugas, konteks dan format.

Vishnu mengatakan bahwa akan sangat membantu jika Anda memperlakukan perangkat AI seperti anggota tim baru yang harus Anda latih. Anda tidak akan hanya berkata, "Laporan penjualan, tolong!" Anda akan memberikan konteks, menentukan kebutuhan Anda, dan bahkan mungkin menyarankan format. Prompting Gemini bekerja dengan cara yang sama, gunakan bahasa alami, kalimat lengkap, dan permintaan khusus.

“Umumnya, saat kita berbicara tentang penulisan cepat, ada empat hal utama yang perlu dipertimbangkan: persona, tugas, konteks, dan format,” kata Vishnu. 

“Anda tidak perlu menggunakan keempatnya, tetapi menggunakan beberapa akan membantu.” Persona adalah perspektif yang Anda inginkan agar diadopsi Gemini, dan tugas adalah tindakan spesifik yang Anda inginkan. Konteks memberikan informasi tambahan atau latar belakang yang membantu Gemini memahami tugas dan menghasilkan hasil yang lebih relevan, dan format memberikan arahan tentang cara menyesuaikan output.

Misalnya, Anda dapat menulis, “Saya seorang manajer proyek” (persona) “dan perlu membuat pelacak proyek terperinci” (tugas) “untuk proyek desain ulang situs web” (konteks) “dalam tabel sederhana dengan bidang untuk tanggal, status, dan tugas.” (format).

3. Gunakan @ untuk memberi Gemini informasi lebih lanjut dari file lain.

Sama seperti Anda dapat menggunakan simbol @ untuk merujuk ke Docs, Sheets, atau file lain di aplikasi Workspace, Anda dapat menggunakannya saat menulis perintah di panel samping. Ini adalah cara cepat dan mudah untuk memberi Gemini lebih banyak konteks dan menghubungkan informasi yang ada di seluruh produk Workspace Anda.

Gemini di panel samping Ruang Kerja berarti Anda tidak perlu meninggalkan email atau dokumen yang sudah Anda miliki untuk mendapatkan informasi tambahan.

Misalnya, katakanlah Anda berencana untuk mengadakan acara di luar kantor dan mendapatkan email dari anggota tim yang menanyakan informasi hotel agar mereka dapat memesan kamar. Minta Gemini di Gmail untuk mencarinya dari Google Doc yang berisi semua detail acara di luar kantor dengan: “apa nama hotel dan email manajer penjualan yang tercantum di @Company Offsite 2024.” Kemudian, Anda dapat dengan mudah memasukkan informasi tersebut ke dalam balasan email Anda.

4. Bereksperimen dan mengulanginya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, coba lagi! Sempurnakan perintah Anda dan bereksperimenlah dengan berbagai pendekatan, termasuk menggunakan sinonim atau kata kunci yang berbeda, menyesuaikan tingkat detail dan spesifisitas, serta menguji panjang perintah yang berbeda. (Berdasarkan penelitian tim, perintah yang paling berhasil rata-rata sekitar 21 kata, namun upaya awal orang-orang jauh lebih singkat — biasanya kurang dari sembilan kata.) Selain itu, jangan lupa Anda dapat mengajukan pertanyaan lanjutan.

Vishnu juga menyarankan untuk bereksperimen dengan menggunakan persona yang berbeda. Misalnya, saat Anda menulis prompt tentang melatih seseorang, Anda mungkin ingin meminta Gemini untuk bertindak sebagai kolega dan kemudian membandingkan hasilnya dengan meminta Gemini untuk bertindak sebagai guru.

"Jika Anda puas dengan hasilnya, perhatikan apa yang berhasil," kata Vishnu. "Coba gunakan kembali sebagian bahasa itu pada perintah berikutnya."

5. Bagikan apa yang berhasil dan apa yang bisa ditingkatkan.

Saat pengembangan alat Gemini for Workspace dimulai, tim memulai obrolan grup tempat mereka berbagi contoh perintah dan respons Gemini satu sama lain.

“Obrolan tersebut memberikan wawasan tentang jenis tugas yang dilakukan orang-orang dengan AI generasi baru, yang menyoroti kemampuan dan keterbatasannya,” kata Vishnu. “Para karyawan Google berhasil mengerjakan tugas-tugas praktis seperti meringkas rencana perjalanan dan mengekstrak informasi dari dokumen.” Seiring dengan peningkatan model kami, kami juga mampu menangani area umpan balik sebelumnya, seperti bagaimana Gemini dapat mengontekstualisasikan informasi di berbagai sumber.

Inilah jenis wawasan yang masih dikumpulkan tim, baik dari pengguna di dalam Google maupun dari penguji tepercaya. Semuanya membantu. Seperti yang dikatakan Vishnu, "Semakin banyak masukan yang kami dapatkan, semakin bermanfaat produk kami."
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.

Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.



Terkini

Indeks