Robot Line Follower, besutan Politeknik Kemenperin sabet juara 1

Mahasiswa politeknik dibekali berbagai materi dan kemampuan yang aplikatif, sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini.

Ardi Nugraha
A- A+
Tim robot Politeknik APP Jakarta meraih juara 1 kompetisi line followers di Technocorner UGM 2024. | cover
Prestasi membanggakan diraih oleh salah satu politeknik binaan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam ajang kompetisi robotik tingkat nasional. Tim dari Politeknik ini berhasil menyabet juara 1 menunjukkan keunggulan mereka dalam inovasi dan teknologi.

Sektor logistik yang meliputi transportasi dan pergudangan menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 8,65 persen pada triwulan I tahun 2024. Untuk mendukung kinerja industri manufaktur dari sisi logistik.

Kementerian Perindustrian proaktif menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan vokasi. Salah satunya adalah Politeknik APP Jakarta yang menghasilkan SDM yang bergerak di bidang logistik.
"Penyediaan infrastruktur logistik yang memadai, tentunya akan mendukung aktivitas sektor industri. Hal ini lantaran pergerakan barang atau komoditas dari wilayah penghasil ke konsumen dapat dilakukan secara efektif dan efisien," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, diterima Kamis (11/7/2024).
Sebagai salah satu politeknik naungan Kemenperin, Politeknik APP Jakarta turut beperan dalam menghasilkan SDM industri yang kompeten di sektor logistik. Terdapat tiga program studi yang dibuka Politeknik APP Jakarta, yakni D-III Manajemen Logistik Industri Elektronika, D-III Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT, dan D-III Manajemen Pemasaran Industri Elektronika.

"Mahasiswa politeknik tersebut dibekali berbagai materi dan kemampuan yang aplikatif, sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini, selain juga ditantang untuk menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan.

Hebatnya, mahasiswa Politeknik APP Jakarta mampu mengembangkan robot line follower yang banyak digunakan pada industri modern saat ini. Robot line follower adalah robot yang menggunakan sensor untuk mengikuti garis. Dalam konteks industri, robot line follower berhubungan erat dengan otomatisasi, misalnya dalam pemindahan barang dan inspeksi jalur produksi.

"Belum lama, tim robot Politeknik APP Jakarta meraih juara 1 kompetisi line followers di Technocorner UGM 2024. Ini menunjukkan bahwa politeknik naungan Kemenperin memiliki prestasi yang membanggakan," ungkap Masrokhan.

Robot line follower yang dikembangkan Politeknik APP Jakarta memiliki berbagai keunggulan, di antaranya program yang up-to-date dan mudah untuk pengguna menyusun path planning dengan interface yang user-friendly. Robot tersebut dilengkapi sensor, kendali kontrol, fitur mapping, dan berbagai mode.

Selain itu, robot line follower tersebut juga didesain ringan agar kecepatannya bisa optimal. Dilengkapi dengan komponen terkini, laju robot lebih mengacu ke track yang telah disediakan, sehingga tidak mudah keluar jalur.

Sebelumnya, Politeknik APP Jakarta melalui unit Teaching Factory telah menyelenggarakan kompetisi Robot Line Followers National Contest 2024 pada 2-3 Maret 2024 yang dihadiri oleh 28 tim dari berbagai sekolah dan universitas.

Politeknik APP Jakarta tengah membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui program Jalur Penerimaan Vokasi Industri (JARVIS). Jalur JARVIS Mandiri politeknik tersebut dibuka pendaftarannya hingga 31 Juli 2024. 

Terdapat pula jalur JARVIS Bersama 2 yang pendaftarannya berlangsung hingga 21 Juli 2024. Untuk peminat Politeknik APP Jakarta, info lengkap pendaftaran bisa dilihat di situs pmb.poltekapp.ac.id.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks