Cari cuan di YouTube Shopping, ini cara daftar dan syaratnya

Fitur ini memungkinkan kreator mempromosikan produk langsung melalui video.

author photo
A- A+
cover
Semakin populernya platform e-commerce dan tren belanja online, YouTube Shopping kini menawarkan peluang bagi konten kreator untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Fitur ini memungkinkan kreator mempromosikan produk langsung melalui video mereka, menciptakan integrasi antara hiburan dan belanja. 

Apa Itu YouTube Shopping?

YouTube Shopping merupakan fitur yang memungkinkan kreator untuk menampilkan produk dalam video dan siaran langsung mereka. 

Produk tersebut dapat berupa merchandise, produk afiliasi, atau barang dari toko online yang bekerja sama dengan YouTube. Pengguna yang menonton video dapat melihat produk yang dipromosikan dan langsung melakukan pembelian 

Lantas, bagaimana cara mendaftar dan apa saja syaratnya? Simak selengkapnya di bawah ini:

Persyaratan.

Untuk diundang ke program ini, pengguna harus memenuhi persyaratan kelayakan kreator minimum berikut:
  • Saluran Anda tergabung dalam Program Mitra YouTube .
  • Saluran Anda harus memiliki lebih dari 10.000 pelanggan.
  • Anda berdomisili di Amerika Serikat, Korea Selatan, Indonesia, India, Thailand, atau Vietnam.
  • Saluran Anda bukan saluran musik, Saluran Artis Resmi , atau yang terkait dengan mitra musik. Mitra musik dapat mencakup label musik, distributor, penerbit, atau VEVO.
  • Pemirsa saluran Anda tidak ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak , dan saluran Anda tidak memiliki jumlah video yang signifikan yang ditetapkan sebagai Dibuat untuk Anak-Anak.
Cara mendaftar.

Setelah memenuhi syarat untuk bergabung dengan program ini, pengguna dapat mendaftar di YouTube Studio.
  • Masuk ke YouTube Studio .
  • Dari menu sebelah kiri, pilih Hasilkan .
  • Di bawah Program , klik Bergabung Sekarang .
  • Tinjau dan terima Persyaratan Layanan Program Afiliasi Belanja YouTube.
  • Anda sudah masuk! Anda dapat mulai memberi tag pada produk di konten Anda. Pelajari cara memberi tag pada produk dan pastikan untuk mengikuti panduan pemberian tag.
Tips menggunakan YouTube Shopping.


  • Pilih Produk yang Relevan: Sebaiknya promosikan produk yang benar-benar Anda kenal dan relevan dengan audiens. Ini akan meningkatkan kepercayaan audiens dan peluang mereka untuk melakukan pembelian.
  • Gunakan Video dengan Kualitas Terbaik: Video berkualitas tinggi membuat tampilan produk lebih menarik dan meningkatkan kesempatan produk dilirik oleh penonton.
  • Jangan Terlalu Memaksakan Penjualan: Selipkan promosi secara natural dalam konten sehingga penonton tidak merasa "dijual" namun tetap tertarik.
Setiap merek dan pengecer yang berpartisipasi akan menetapkan tarif komisi dan jendela atribusi mereka untuk setiap produk. Persentase komisi akan ditampilkan berdasarkan setiap penawaran produk. 

Setelah pemirsa mengeklik produk yang diberi tag dan melakukan pembelian di situs pengecer, otomatis akan memperoleh komisi serta dapat menggunakan YouTube Analytics untuk memeriksa pendapatan.
Share:
Premium.
Terkini
Lihat semua
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Update