iklan - scroll untuk melanjutkan membaca.

Google perketat periklanan mata uang kripto, wajib ada lisensi

Kebijakan ini akan berlaku secara global untuk semua akun yang mengiklankan produk keuangan ini.

author photo
A- A+
cover: @google
Google terus memperbarui kebijakannya dalam mengatur periklanan, terutama terkait produk keuangan yang memiliki risiko tinggi. Mulai Februari 2025, raksasa teknologi ini memperketat regulasi iklan untuk mata uang kripto dan produk terkait, dengan mewajibkan pengiklan memiliki lisensi resmi. 

Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi serta melindungi pengguna dari potensi risiko yang ditimbulkan oleh produk keuangan spekulatif yang kompleks.

Dari penelusuran topik.id, Senin (17/2/2025) Google berlakukan pembatasan mulai tanggal 26 Februari 2025, pengiklan yang menawarkan Bursa Mata Uang Kripto dan Dompet Perangkat Lunak yang menargetkan Uni Emirat Arab dapat mengiklankan produk dan layanan tersebut jika memenuhi persyaratan dan disertifikasi oleh Google.
"Google mengizinkan iklan yang mempromosikan bursa mata uang kripto dan dompet mata uang kripto yang menargetkan Uni Emirat Arab asalkan pengiklan memiliki lisensi dari (a) Otoritas Pengatur Layanan Keuangan (FSRA), (b) Otoritas Pengatur Aset Virtual (VARA), atau (c) Otoritas Layanan Keuangan Dubai (DFSA). Persyaratan hukum setempat lainnya juga harus dipatuhi," tulis Google dalam laporan itu.
Sementara itu, Google berharap semua pengiklan mematuhi undang-undang setempat di area mana pun yang menjadi target iklan mereka. 

"Kebijakan ini akan berlaku secara global untuk semua akun yang mengiklankan produk keuangan ini. Untuk detail selengkapnya, lihat Tentang sertifikasi produk keuangan terbatas," jelasnya.

Pelanggaran terhadap kebijakan ini tidak akan mengakibatkan penangguhan akun secara langsung tanpa peringatan sebelumnya. Peringatan akan diberikan, setidaknya 7 hari, sebelum penangguhan akun Anda.

Untuk mengiklankan produk keuangan yang dibatasi berikut, pengiklan harus memiliki sertifikasi dari Google:
  • Produk keuangan spekulatif kompleks, seperti kontrak perbedaan harga, transaksi rolling spot forex, taruhan selisih indeks keuangan, dan produk serupa
  • Bursa mata uang kripto
  • Dompet software mata uang kripto
  • Dompet hardware yang didesain untuk menyimpan kunci pribadi mata uang kripto, NFT, atau aset berbasis kripto lainnya
  • Selain itu, semua produk, halaman landing, dan iklan harus memenuhi semua persyaratan hukum setempat dari lokasi yang akan ditarget pengiklan. Sertifikasi ini diwajibkan untuk semua aset dan format iklan. Pelajari kebijakan Produk dan jasa keuangan lebih lanjut.
Dengan kebijakan baru ini, Google menegaskan komitmennya dalam menciptakan ekosistem periklanan yang lebih aman dan sesuai dengan regulasi di berbagai wilayah. 

Pengiklan yang ingin memasarkan produk keuangan berbasis kripto wajib mematuhi persyaratan yang ditetapkan dan mendapatkan sertifikasi resmi. 

"Jika Anda memenuhi persyaratan, ajukan permohonan sertifikasi untuk mengiklankan produk keuangan yang dibatasi. Jika Anda ingin beriklan di lebih dari satu lokasi, kirim permohonan terpisah untuk tiap-tiap lokasi atau kelompok lokasi," tulis Google.


Share:
Premium.
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Update
Indeks