5 Tipe mobil listrik berteknologi tinggi di KTT G20 Indonesia

KTT G20 di Bali menjadi puncak proses konversi kendaraan berbahan bakar minyak menjadi bertenaga listrik.

Dharma Putra author photo
Simpan
iklan
Presiden Jokowi | topik.id


Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan instansi pemerintahan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. 

Tujuannya akan mempopulerkan kendaraan listrik di dalam negeri dan memicu bertumbuhnya jenis alat transportasi itu karena saat ini pilihannya masih sedikit.

Perintah Jokowi tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah," bunyi Inpres Nomor 7 Tahun 2020 tersebut.

Tanggal Penetapan Inpres 13 September 2022.
Instruksi Presiden Jokowi itu ditujukan pada 10 level pemerintahan, di antaranya Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung Republik Indonesia, dan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Selanjutnya ditujukan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, dan Para Bupati/Wali Kota.

Inpres tersebut senada dengan akan digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-17 G20 yang akan diselenggarakan pada 15-16 November 2022 mendatang di Bali. 

KTT ini akan menjadi puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20, Pertemuan Tingkat Menteri, Kelompok Kerja serta Engagement Groups.

Tahun ini, Bali akan kembali menunjukan keindahannya ke dunia, dengan menyambut para delegasi pertemuan G20 dan para Pemimpin dari anggota G20 untuk KTT Bali ke-17.

Konferensi KTT G20 Bali juga menjadi puncak proses konversi kendaraan berbahan bakar minyak menjadi transportasi listrik atau mobil listrik. 
 
Gelaran ini pun bertujuan mewujudkan dunia nol emisi. Untuk mewujudkan nol emisi maka selama KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022 semua kendaraan yang digunakan adalah kendaraan listrik. 

Kendaraan ini nantinya digunakan kepala negara dan delegasi-delegasi yang hadir dalam acara internasional tersebut.

Berikut 5 tipe mobil listrik yang digunakan selama KTT G20 Bali, yang dirangkum TOPIK.ID, Rabu (9/11/2022).
[cut]
Genesis G80 Electrified | @Genesis


1. Genesis G80 Electrified.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan mobill sedan listrik mewah Genesis G80 nantinya digunakan sebagai kendaraan VIP. 

Genesis G80 Special Edition khusus dibuat untuk KTT G20 Bali sebagai tunggangan para kepala negara, sedangkan Standard Edition untuk delegasi inti, termasuk para ibu negara.


Electrified G80, model EV pertama oleh Genesis, menghadirkan standar baru untuk sedan listrik mewah dengan performa dan teknologi tingkat tinggi.

Kursi kulit Nappa yang diwarnai dengan pewarna alami dan hiasan Forged Wood yang ramah lingkungan menghadirkan kemewahan yang diberikan Genesis.
[cut]
Lexus UX300e | @lexus


2. Lexus UX300e.

Ada 102 unit Lexus UX300e turut serta menjadi sarana transportasi KTT G20 Bali.

Crossover premium ini mempunyai spesifikasi serba mewah, seperti jok kulit dengan motif ‘sashiko’ hingga sistem audio ‘kelas atas’ merek Mark Levinson dengan 13 speaker.


Dihadirkan untuk membangkitkan kesenangan berkendara di Bali, Lexus UX 300e yang serba listrik dan hibrida UX. 

Berbagi tampilan perkotaan yang mencolok dari semua model UX, ia ditenagai oleh motor listrik canggih yang menghasilkan 201 HP dan torsi 300 Nm.
[cut]
Toyota bZ4X | @toyota


3. Toyota bZ4X.

Toyota memboyong sebanyak 41 unit. Mobil yang akan menjadi alat transportasi dalam KTT G20 Bali tersebut menggunakan penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda depan atau belakang (AWD).

Toyota bakal mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Oktober-November 2022 dengan bZ4X. 


Indonesia diperkirakan menjadi negara kedua di Asean usai Thailand yang kedatangan mobil listrik itu.

Mobil listrik murni terbaru Toyota bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan menjadi alat mobilitas delegasi G20 selama di Bali.
[cut]
Hyundai Ioniq 5 | @hyundai

4. Hyundai Ioniq 5.

Hyundai Ioniq 5 menghadirkan desain futuristik dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama  dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Era mobilitas masa depan telah hadir. Inilah mobil listrik pertama yang sepenuhnya dibuat di Indonesia. 


Bebas rasa khawatir ketika mengendarai IONIQ 5. IONIQ 5 telah dilengkapi portable charger yang dapat terhubung ke stop kontak dinding standar. 

Selain itu IONIQ 5 juga dapat menunjang pengisian daya sampai 80% hanya dalam +/- 18 menit*.

Fitur V2L memungkinkan IONIQ 5 menjadi sumber daya listrik sebesar 3,6 kW untuk penggunaan perangkat elektronik, menambah kemudahan dan kenyamanan saat dalam perjalanan.
[cut]
Wuling Air Ev | @wuling

5. Wuling Air Ev.

Secara total ada 300 unit Air ev yang akan beroperasi selama KTT G20 Bali, dengan 216 unit di antaranya adalah tipe Long Range dan sisanya merupakan Air ev Standard Range.

Wuling Air ev hadir dengan mengusung desain future-tech yang begitu futuristik. Tidak hanya desain eksterior yang tampil stylish dan modern.


Mobil listrik mini ini juga tersemat berbagai fitur canggih seperti teknologi internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND).

Berbagai fitur Wuling ini menawarkan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. 

Tidak hanya itu, mobil listrik ini juga memiliki berbagai kelebihan yang sangat cocok jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari khususnya di wilayah perkotaan.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini