BMKG: Gerhana Bulan total 8 November 2022

Pada tahun 2022 terjadi 4 (empat) kali gerhana, yaitu 2 (dua) kali gerhana Matahari dan 2 (dua) kali gerhana Bulan di Indonesia.

Hendrik Syahputra author photo
Simpan
iklan
cover | topik.id

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMGK) mengumumkan peristiwa gerhana bulan di Indonesia akan terjadi pada tanggal 8 November 2022, tepatnya pada hari Selasa nanti.

"Gerhana Bulan Total (GBT) 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia," keterangan tertulis di website resmi BMKG.go.id.
Gerhana Bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. 

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Lantas saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah. 

Sementara itu, Gerhana Matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Pada tahun 2022 terjadi 4 (empat) kali gerhana, yaitu 2 (dua) kali gerhana Matahari dan 2 (dua) kali gerhana Bulan. 

Birukut rincian tanggalnya yang dirilis BMKG:

  • Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 30 April 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.
  • Gerhana Bulan Total (GBT) 16 Mei 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.
  • Gerhana Matahari Sebagian (GMS) 25 Oktober 2022 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.
  • Gerhana Bulan Total (GBT) 8 November 2022 yang dapat diamati dari Indonesia.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini