Google Wallet jangkau layanan ke 57 negara, termasuk Indonesia?

Sistem Google Wallet memungkinkan dapat menerima uang, menyimpan uang dan transfer uang. Serta penggunanya bisa melakukan transaksi.

Tamara author photo
Simpan
iklan
cover | topik.id

Salah satu perusahaan raksasa di dunia digital, Google menjangkau layanan ke seluruh dunia, maka perusahaan yang dinahkodai Sundar Pichai itu menghadirkan aplikasi dompet digital, Google Wallet.

Google menggabungkan ketiga platform hebat pembayaran yakni  Android Pay, Google Pay dan Google Wallet dalam satu sistem.

Lalu, apa itu platform Google Wallet? 

Platform aplikasi ini sama seperti dompet digital lainnya yang ada di Indonesia, Google Wallet merupakan aplikasi besutan Google yang memiliki fungsi serupa dengan dompet digital lainnya.

Sistem Google Wallet memungkinkan dapat menerima uang, menyimpan uang dan transfer uang. Serta penggunanya bisa melakukan transaksi dalam bentuk uang virtual secara daring.

Seperti penelusuran TOPIK.ID, Kamis (17/11/2022) dari laman resmi Google, Kini Google Wallet mencatat seluruh transaksi yang sudah dilakukan, seperti struk belanja, bukti transaksi, boarding pass, tiket, hingga bonus poin lainnya.

"Saat kami meluncurkan Google Wallet awal tahun ini, kami ingin memberi sebanyak mungkin orang akses ke dompet digital yang aman. Jadi hari ini kami menghadirkannya ke 12 negara lagi, menjadikan Wallet tersedia di total 57 negara," ungkap Google di laman resminya blog.google, Selasa (15/11/2022) waktu setempat.

Lantas apakah di Indonesia bisa digunakan?

Teks bertuliskan "Temukan Google Wallet di sudut dunia Anda" dan menampilkan peta dan daftar 57 negara tempat Google Wallet tersedia. 

blog.google
Namun sayang di Indonesia layanan Google Wallet belum tersedia. Hal itu dibuktikan dari tangkapan layar daftar negara yang dapat menikmati dompet digital besutan Google tersebut.

"Kami telah melihat betapa praktisnya di semua tempat biasa Anda menggunakan dompet digital, ditambah beberapa lainnya, seperti menghadiri konser bersama teman. Mari kita lihat empat cara berbeda untuk menggunakan Google Wallet di seluruh dunia," terang Google kembali.

Berikut 4 cara berbeda untuk menggunakan Google Wallet di seluruh dunia, yang dilansir dari laman blog.google.com: 

1. Lakukan pembayaran cepat dan aman dari jam tangan: Bulan lalu kami menambahkan Wallet ke Google Pixel Watch sehingga dapat melakukan pembayaran nirsentuh dengan mudah. Dan mulai hari ini, siapa pun yang memiliki Fitbit Sense 2 atau Versa 4 dapat membayar hanya dengan satu ketukan di pergelangan tangan.

2. Ketuk dan bayar di angkutan umum: Jika salah satu dari jutaan orang yang bepergian dengan transportasi umum, dapat menggunakan Wallet untuk mengetuk dan membayar di ratusan kota di seluruh dunia. Di Jepang, baru-baru ini kami menambahkan dukungan untuk PASMO di perangkat seluler dan meluncurkan Suica di Google Pixel Watch.

3. Hemat tiket seluler untuk acara dan pertunjukan: Kami bermitra dengan banyak perusahaan — termasuk Ticketmaster, Thaiticketmajor di Thailand, Cinemaxx di Jerman dan Ticketek, Humanitix, dan Oztix di Australia — sehingga pengguna Android dapat menambahkan tiket acara seluler ke Dompet mereka. Anak perempuan saya adalah penggemar berat Taylor Swift, jadi saya akan mencoba fitur ini untuk turnya tahun depan.

4. Akses boarding pass: Ada begitu banyak hal yang harus diperhatikan sebelum penerbangan. Jadi kami bermitra dengan maskapai penerbangan seperti AirAsia, Air France, China Air, Ryanair, dan United Airlines untuk membantu wisatawan dengan mudah menyimpan dan mengakses mobile boarding pass mereka di Wallet. Bahkan pengguna dapat menyimpan beberapa boarding pass jika bepergian dengan keluarga atau teman. Kiat pro: Untuk menambahkan boarding pass dengan cepat, cukup ambil tangkapan layar di ponsel Pixel dan ketuk "Tambahkan ke Google Wallet".
Ini hanya beberapa cara dapat menggunakan Google Wallet sepanjang hari. Saat Wallet berkembang ke lebih banyak tempat di seluruh dunia, carilah lebih banyak fitur untuk mengakses apa yang butuhkan dengan mudah.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini