5 Aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office, gratis!

Meskipun Microsoft Office menawarkan banyak fitur dan keunggulan, beberapa pengguna mungkin mencari alternatif yang terjangkau atau bahkan gratis.

Ardi Nugraha
A- A+
laptop | cover: topik.id
Produktivitas kerja menjadi kunci penting bagi individu dan perusahaan. Microsoft Office telah menjadi salah satu suite produktivitas yang dominan selama bertahun-tahun.

Microsoft Office menawarkan berbagai aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint yang sangat populer. 

Meskipun Microsoft Office menawarkan banyak fitur dan keunggulan, beberapa pengguna mungkin mencari alternatif yang lebih terjangkau atau bahkan gratis. 

Beruntungnya, ada beberapa aplikasi hebat yang dapat menjadi pengganti Microsoft Office, serta dapat memenuhi kebutuhan seperti mendukung pekerjaan pengolahan kata, lembar kerja, dan presentasi tanpa harus membayar biaya lisensi.

Lantas, apa saja nama sistem aplikasi officenya? Berikut ulasannya yang dirangkum topik.id sebagai alternatif pengganti Microsoft Office: 

1. LibreOffice.

LibreOffice adalah salah satu suite produktivitas sumber terbuka yang paling populer dan kuat. 

Suite ini menyediakan berbagai aplikasi untuk keperluan pengolahan kata, lembar kerja, presentasi, diagram, basis data, dan lebih banyak lagi. 

Antarmuka LibreOffice cukup familiar dan mendukung berbagai format file, termasuk yang digunakan oleh Microsoft Office.

Situs web: libreoffice.org

2. Apache OpenOffice.

Apache OpenOffice adalah suite produktivitas lain yang populer dan berbasis sumber terbuka. Suite ini mencakup aplikasi seperti Writer (pengolah kata), Calc (lembar kerja), Impress (presentasi), Base (basis data), dan lebih banyak lagi. 

OpenOffice juga menyediakan kompatibilitas yang baik dengan format file Microsoft Office.

Situs web: openoffice.org

3. WPS Office.

WPS Office adalah aplikasi suite produktivitas yang beragam, mencakup Writer (pengolah kata), Spreadsheets (lembar kerja), Presentation (presentasi), dan PDF Editor. 

Antarmuka WPS Office cukup modern dan menawarkan fitur-fitur yang berguna untuk penggunaan sehari-hari.

Situs web: wps.com

4. Google Docs, Sheets, dan Slides.

Google Docs, Sheets, dan Slides adalah aplikasi berbasis cloud dari Google. Google Docs adalah pengolah kata, Sheets adalah lembar kerja, dan Slides adalah alat presentasi. 

Dengan akun Google, Anda dapat mengakses, membuat, dan berbagi dokumen secara online dan berkolaborasi secara real-time dengan orang lain.

Situs web:google.com/docs

5. OnlyOffice.

OnlyOffice adalah suite produktivitas berbasis cloud dengan dukungan untuk pengolah kata, lembar kerja, presentasi, manajemen proyek, dan lainnya. 

Selain itu, OnlyOffice juga menyediakan versi self-hosted yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola data mereka sendiri.

Situs web: onlyoffice.com

Sebagai catatan bahwa pengalaman dan preferensi pengguna berbeda-beda. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya kerja sesuai kebutuhan. 

Semua aplikasi di atas telah terbukti menjadi alternatif yang kuat dan populer dan terus mengembangkan fitur dan fungsionalitas untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks