Starlink x Cloudflare: Akses konten jadi super cepat

Cloudflare memiliki jaringan pusat data yang luas di 200 kota di seluruh dunia, yang membantu mempercepat transmisi data melalui internet.

M. Ihsan
A- A+
cover: topik.id
Perusahaan SpaceX besutan Elon Musk yang memberikan layanan internet berbasis satelit Starlink dikabarkan bekerjasama dengan Cloudflare perusahaan yang menyediakan berbagai layanan keamanan internet, kinerja, dan keandalan suatu platform.

Seperti dilansir dari laman The Information, Kamis (24/8/2023) Clouflare dan Starlink dalam upaya meningkatkan kinerja jaringan pusat data mini Starlink di seluruh dunia, kedua perusahaan bekerja sama dalam proyek ini.
"Peningkatan kecepatan akan meningkatkan nilai Starlink secara signifikan, terutama mengingat meningkatnya permintaan akan konektivitas broadband. Selama dua tahun terakhir, Starlink mendapatkan popularitas atas kontribusinya terhadap akses online di Ukraina," dalam laporannya. 
Cloudflare memiliki jaringan pusat data yang luas di 200 kota di seluruh dunia, yang membantu mempercepat transmisi data melalui internet.

Starlink bukan satu-satunya layanan internet berbasis satelit yang tersedia, ada beberapa lainnya yang muncul di pasar. Layanan Kuiper Amazon dan OneWeb, yang didukung oleh banyak perusahaan, adalah contoh pesaing yang bersaing di bidang ini.

Namun, hingga berita ini dipublikasikan, juru bicara SpaceX dan Starlink belum memberikan komentar apa pun terkait kolaborasi ini.

radar.cloudflare.com dari layanan internet starlink
Sementara itu, seperti penelusuran topik.id, Cloudflare mengoperasikan jaringan server yang luas di seluruh dunia. Ketika pengguna mengunjungi situs web yang menggunakan layanan Cloudflare. Berikut beberapa aspek penting dari Cloudflare:

Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

Cloudflare mengoperasikan jaringan server yang luas di seluruh dunia. Ketika pengguna mengunjungi situs web yang menggunakan layanan Cloudflare, permintaan mereka diarahkan ke server terdekat, yang memberikan konten situs web tersebut. Hal ini mengurangi laten dan mempercepat waktu pemuatan situs web.

Perlindungan DDoS

Serangan Distribusi Layanan (DDoS) melibatkan peningkatan lalu lintas ke situs web untuk membuatnya tidak dapat diakses. Layanan keamanan dari Cloudflare dapat mengidentifikasi dan meredam serangan-serangan ini, memastikan bahwa situs web tetap online dan dapat diakses.

Firewall Aplikasi Web (WAF)

WAF dari Cloudflare membantu melindungi situs web dari berbagai jenis serangan jahat, seperti injeksi SQL, skrip lintas-situs (XSS), dan kerentanan lain yang dapat membahayakan keamanan situs web dan penggunanya.

Enkripsi SSL/TLS

Cloudflare menyediakan enkripsi Secure Sockets Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS), yang mengamankan komunikasi antara pengguna dan situs web. Ini sangat penting untuk menjaga privasi pengguna dan keamanan data.

Pengaturan Beban (Load Balancing)

Cloudflare menawarkan layanan pengaturan beban, mendistribusikan lalu lintas masuk ke beberapa server untuk memastikan kinerja yang optimal dan mencegah beban berlebihan pada server.

Sistem Nama Domain (DNS)

Cloudflare menyediakan layanan DNS yang membantu menerjemahkan nama domain yang mudah dibaca manusia (seperti www.example.com) menjadi alamat IP yang digunakan oleh komputer untuk menemukan server di internet. Layanan DNS Cloudflare dikenal karena kecepatan dan keandalannya.

Keamanan Internet

Selain perlindungan DDoS dan WAF, Cloudflare menyediakan fitur seperti mitigasi bot untuk mencegah bot yang tidak diinginkan atau jahat mengakses situs web.

Analitik dan Wawasan

Cloudflare menawarkan berbagai alat analitik dan pelaporan yang memberikan wawasan tentang lalu lintas situs web, ancaman keamanan, dan metrik kinerja.

Kontrol Akses dan Otentikasi

Cloudflare Access memungkinkan organisasi untuk menerapkan kontrol akses, memberlakukan otentikasi dan langkah-langkah keamanan sebelum pengguna dapat mengakses sumber daya tertentu.

Komputasi Tanpa Server

Cloudflare Workers adalah platform komputasi tanpa server yang memungkinkan pengembang menjalankan kode di tepi jaringan, lebih dekat dengan pengguna, meningkatkan kinerja dan mengurangi laten.

Secara keseluruhan, rangkaian layanan Cloudflare bertujuan untuk membuat internet lebih aman, lebih cepat, dan lebih andal baik untuk pemilik situs web maupun pengguna.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks