6 Tips mendesain katalog produk di Canva untuk pelaku UMKM

Ardi Nugraha

Canva merupakan platform desain grafis online gratis yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh siapa saja.

foto: topik.id
Membuat desain katalog produk yang menarik merupkan faktor penting dalam memperkuat merek agar menarik perhatian pelanggan. 

Dalam era digital saat ini, banyak alat desain yang dapat digunakan untuk menciptakan desain yang menarik dan profesional adalah Canva

Canva merupakan platform desain grafis online gratis yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh siapa saja, termasuk Anda yang memiliki usaha atau pelaku UMKM dengan kebutuhan promosi yang menarik. 

Dengan menggunakan Canva, pelaku UMKM dapat membuat desain produk yang kreatif tanpa memerlukan keahlian desain yang mendalam. 

Lantas, bagaimana langkah mudahnya membuat desain katalog produk agar lebih menarik? Berikut lima tips dasar untuk membuat desain katolog produk yang menarik di Canva:

1. Pilih Template yang Sesuai.

Pertama-tama, saat menggunakan Canva untuk membuat desain produk, penting untuk memilih template yang sesuai. 

Canva menyediakan berbagai template desain yang telah dirancang secara profesional untuk berbagai jenis produk, seperti poster, brosur, kartu nama dan banyak lagi. 

Template ini dapat menjadi kerangka dasar yang baik untuk desain, sehingga pengguna tidak perlu memulai dari nol. 

Pilihlah template yang sesuai dengan produk yang diingin desain, dan gunakan sebagai titik awal untuk menciptakan desain yang menarik.

2. Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi.

Kualitas gambar sangat penting dalam desain produk yang menarik. Pastikan untuk menggunakan gambar yang berkualitas tinggi dan tajam. 

Canva menawarkan perpustakaan gambar yang luas, yang mencakup berbagai jenis gambar yang dapat digunakan dalam desain. 

Selain itu, pengguna dapat mengunggah gambar sendiri jika memiliki gambar khusus yang ingin digunakan. 

Ingatlah bahwa gambar yang buram atau berkualitas rendah dapat mengurangi kesan profesional dan mengurangi daya tarik desain.

3. Eksperimen dengan Tata Letak.

Jangan takut untuk bereksperimen dengan tata letak desain. Canva menawarkan berbagai fitur pengeditan yang memungkinkan pengguna mengubah tata letak, ukuran, dan posisi elemen-elemen desain. 

Cobalah untuk mengatur elemen-elemen tersebut dengan cara yang menarik dan menyampaikan pesan produk dengan jelas. Posisikan elemen-elemen tersebut secara strategis.

Jangan lupa gunakan garis-garis pembatas yang tepat, dan pastikan agar desain terlihat seimbang secara visual. 

Eksperimen dengan tata letak akan membantu menciptakan desain produk yang unik dan menarik.

4. Gunakan Kombinasi Warna yang Menarik.

Pemilihan warna yang tepat dapat memberikan dampak besar pada desain produk. Pastikan untuk memilih kombinasi warna yang menarik dan sesuai dengan merek. 

Canva menyediakan palet warna yang dapat digunakan sebagai referensi atau juga dapat membuat palet warna khusus sesuai kebutuhan. 

Jangan ragu untuk bermain dengan kontras warna dan menciptakan kombinasi yang menarik secara visual. 

Warna yang tepat dapat memperkuat pesan produk dan menarik perhatian pelanggan.

5. Tambahkan Tipografi yang Menarik.

Selain warna, tipografi juga merupakan elemen penting dalam desain produk. Pilihlah jenis huruf atau font yang sesuai dengan karakter produk. Canva menyediakan berbagai pilihan font yang dapat digunakan. 

Pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi font yang berbeda untuk judul, teks utama, dan teks tambahan, sehingga memberikan tampilan yang menarik dan profesional. 

Pastikan juga bahwa ukuran huruf dan jarak antara huruf yang digunakan sesuai agar mudah dibaca dan terlihat jelas.

6. Gunakan fitur teks ajaib.

Canva diketahui sudah memiliki fitur teks ke image, kini Canva juga diintegrasikan ke sistem OpenAI untuk membuat teks konten yang mudah dan cepat, fitur itu diberi nama Tulisan Ajaib. 

Tulisan Ajaib merupakan asisten menulis berkemampuan AI yang memberdayakan siapa saja untuk membuat konten tertulis dengan mudah dan cepat. 

Pengguna dapat menggunakannya untuk konten medsos, rencana bisnis, situs web, blog, puisi, jurnal, penulisan kreatif, dan banyak lagi. 

Alat ini dapat menghasilkan kalimat, paragraf, daftar, kerangka, dan lainnya berdasarkan perintah teks.

Berikut membuat dari perintah teks: 
  • Buat desain atau buka desain yang sudah ada.
  • Pilih tombol + Tambahkan keajaiban di halaman tersebut. Anda juga dapat mengetik / untuk membuka pintasan Asisten Canva.
  • Pilih Tulisan Ajaib dari daftar.
  • Masukkan atau deskripsikan teks yang ingin Anda buat.
  • Tekan Enter.
Berikut membuat dari teks yang sudah ada: 
  • Soroti teks yang ingin Anda buat.
  • Pilih tombol + Tambahkan keajaiban di halaman tersebut.
  • Pilih Tulisan Ajaib dari daftar.
  • Tambahkan instruksi setelah teks yang ada. Untuk pengguna komputer, Anda dapat menekan Shift + Enter untuk menambahkan spasi sebelum menambahkan instruksi.
  • Tekan Enter.

Kesimpulan: 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, memiliki desain produk yang menarik dan profesional dapat membuat pelaku usaha atau UMKM lebih membedakan dari pesaing. 

Mulailah dengan memilih template yang sesuai, gunakan gambar berkualitas tinggi, bereksperimen dengan tata letak, pilih kombinasi warna yang menarik, dan tambahkan tipografi yang memikat. 

Dengan mencoba trik-trik sederhanan ini dapat meningkatkan tampilan desain katalog produk lebih menarik perhatian pelanggan potensial. Selamat mencoba!
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks