Berkat AI, pendapatan NVIDIA meroket 262% dari tahun lalu

Dharma Putra

Selain penyedia layanan cloud, AI generatif telah meluas ke perusahaan-perusahaan konsumen internet di dunia.

CEO dan Founder NVIDIA, Jen-Hsun Huang | cover: topik.id
Perusahaan semikonduktor skala global, NVIDIA melaporkan pendapatan untuk kuartal pertama yang berakhir pada 28 April 2024 sebesar $26,0 miliar, naik 18% dari kuartal sebelumnya dan naik 262% dari tahun lalu.

Perusahaan yang dinahkodai Jen-Hsun Huang itu fokus dengan perangkat yang mendukung alur kerja artificial intelligence (AI) atau kecerdasaan buatan hampir disemua lini.

Untuk kuartal ini saja, laba GAAP per saham terdilusi adalah $5,98, naik 21% dari kuartal sebelumnya dan naik 629% dari tahun lalu. Laba non-GAAP per saham terdilusi adalah $6,12, naik 19% dari kuartal sebelumnya dan naik 461% dari tahun lalu.
"Revolusi industri berikutnya telah dimulai, perusahaan dan negara bermitra dengan NVIDIA untuk mengalihkan pusat data tradisional bernilai triliunan dolar ke komputasi yang dipercepat dan membangun pusat data jenis baru, pabrik AI, untuk menghasilkan komoditas baru kecerdasan buatan," kata Jensen Huang, pendiri dan CEO NVIDIA dalam keterangan persnya di laman resmi NVIDIA seperti dikutip topik.id, Jumat (24/5/2024). 
Lanjut Huang dalam keterangan persnya, AI akan memberikan peningkatan produktivitas yang signifikan bagi hampir semua industri dan membantu perusahaan menjadi lebih hemat biaya dan energi, sekaligus memperluas peluang pendapatan.

"Pertumbuhan pusat data kami didorong oleh permintaan yang kuat dan semakin cepat akan pelatihan dan inferensi AI generatif pada platform Hopper," tambahnya.

Selain penyedia layanan cloud, AI generatif telah meluas ke perusahaan-perusahaan konsumen internet, dan perusahaan, AI yang berdaulat, pelanggan otomotif dan layanan kesehatan, sehingga menciptakan pasar vertikal bernilai miliaran dolar.

“Kami siap untuk gelombang pertumbuhan berikutnya. Platform Blackwell sedang dalam tahap produksi penuh dan menjadi landasan bagi AI generatif berskala triliunan parameter," jelasnya.

Huang juga membeberkan Spectrum-X membuka pasar baru bagi NVIDIA untuk menghadirkan AI berskala besar ke pusat data khusus Ethernet. 

"NVIDIA NIM adalah penawaran perangkat lunak baru kami yang menghadirkan AI generatif tingkat perusahaan yang dioptimalkan untuk dijalankan pada CUDA di mana saja, mulai dari cloud hingga pusat data lokal dan PC RTX AI, melalui jaringan mitra ekosistem kami yang luas," ungkapnya.

NVIDIA juga mengumumkan pemecahan saham sepuluh banding satu dari saham biasa yang diterbitkan NVIDIA untuk membuat kepemilikan saham lebih mudah diakses oleh karyawan dan investor. 

Pemisahan ini akan dilakukan melalui amandemen terhadap Sertifikat Pendirian NVIDIA yang Dinyatakan Kembali, yang akan menghasilkan peningkatan proporsional dalam jumlah saham biasa yang diotorisasi. 

Setiap pemegang rekor saham biasa pada penutupan pasar pada hari Kamis, 6 Juni 2024, akan menerima sembilan lembar saham biasa tambahan, yang akan didistribusikan setelah penutupan pasar pada hari Jumat, 7 Juni 2024. Perdagangan diharapkan akan dimulai secara split-adjusted pada pembukaan pasar pada hari Senin, 10 Juni 2024.

NVIDIA meningkatkan dividen tunai triwulanan sebesar 150% dari $0,04 per saham menjadi $0,10 per saham biasa. Peningkatan dividen setara dengan $0,01 per saham setelah pemisahan dan akan dibayarkan pada hari Jumat, 28 Juni 2024, kepada seluruh pemegang saham yang tercatat pada hari Selasa, 11 Juni 2024.

NVIDIA mencapai kemajuan sejak pengumuman pendapatan sebelumnya di bidang berikut: 

Pusat Data.
  • Pendapatan kuartal pertama mencapai rekor $22,6 miliar, naik 23% dari kuartal sebelumnya dan naik 427% dari tahun lalu.
  • Meluncurkan platform NVIDIA Blackwell untuk mendorong era baru komputasi AI pada skala triliun parameter dan DGX SuperPOD ™ yang didukung Blackwell untuk superkomputer AI generatif.
  • Mengumumkan switch seri NVIDIA Quantum dan NVIDIA Spectrum™ X800  untuk InfiniBand dan Ethernet, masing-masing, dioptimalkan untuk komputasi GPU triliunan parameter dan infrastruktur AI.
  • Meluncurkan NVIDIA AI Enterprise 5.0 dengan layanan mikro inferensi NVIDIA NIM untuk mempercepat pengembangan aplikasi perusahaan.
  • Diumumkan TSMC dan Synopsys akan memulai produksi dengan NVIDIA cuLitho untuk mempercepat litografi komputasi, beban kerja paling intensif komputasi di industri manufaktur semikonduktor.
  • Mengumumkan bahwa sembilan superkomputer baru di seluruh dunia menggunakan Grace Hopper Superchips untuk memicu era baru superkomputer AI.
  • Mengungkapkan bahwa Grace Hopper Superchips menggerakkan tiga mesin teratas dalam daftar superkomputer paling hemat energi di dunia menurut Green500.
  • Memperluas kolaborasi dengan AWS , Google Cloud , Microsoft , dan Oracle untuk memajukan inovasi AI generatif.
  • Bekerja sama dengan Johnson & Johnson MedTech untuk menghadirkan kemampuan AI guna mendukung operasi.
Game dan AI PC.
  • Pendapatan Gaming kuartal pertama adalah $2,6 miliar, turun 8% dari kuartal sebelumnya dan naik 18% dari tahun lalu. 
  • Memperkenalkan teknologi game AI baru di GDC untuk NVIDIA ACE dan Neural Graphics.
  • Meluncurkan optimalisasi dan integrasi kinerja AI baru untuk Windows guna menghadirkan kinerja maksimal pada PC dan stasiun kerja AI NVIDIA GeForce RTX.
  • Mengumumkan lebih banyak game blockbuster yang akan menggabungkan teknologi RTX, termasuk Star Wars Outlaws dan Black Myth Wukong .
  • Menambahkan dukungan untuk model baru , termasuk Gemma Google, untuk ChatRTX, yang menghadirkan kemampuan chatbot ke PC dan stasiun kerja Windows yang didukung RTX.
Visualisasi Profesional.
  • Pendapatan kuartal pertama adalah $427 juta, turun 8% dari kuartal sebelumnya dan naik 45% dari tahun lalu.
  • Memperkenalkan GPU laptop profesional generasi Ada NVIDIA RTX™ 500 dan 1000 untuk alur kerja yang ditingkatkan AI.
  • Meluncurkan GPU NVIDIA RTX A400 dan A1000 untuk workstation desktop , berdasarkan arsitektur NVIDIA Ampere, untuk menghadirkan AI pada alur kerja desain dan produktivitas.
  • Memperkenalkan API Cloud NVIDIA Omniverse™ untuk mendukung perangkat lunak kembaran digital industri, termasuk perluasan kemitraan Siemens , dan kerangka kerja baru untuk Apple Vision Pro .
  • Mengumumkan penerapan API cloud Earth-2 baru oleh The Weather Company dan Central Weather Administration Taiwan untuk simulasi iklim global resolusi tinggi.
Otomotif dan Robotika.
  • Pendapatan Otomotif kuartal pertama adalah $329 juta, naik 17% dari kuartal sebelumnya dan naik 11% dari tahun lalu.
  • Diumumkan BYD, XPENG, AION Hyper dari GAC, Nuro, dan lainnya telah memilih platform NVIDIA DRIVE Thor ™ generasi berikutnya , yang kini dilengkapi arsitektur GPU Blackwell, untuk memberi daya pada armada kendaraan listrik konsumen dan komersial generasi berikutnya.
  • Terungkap bahwa pembuat kendaraan listrik AS dan Tiongkok Lucid dan IM Motors menggunakan platform NVIDIA DRIVE Orin™ untuk model kendaraan yang menargetkan pasar Eropa.
  • Mengumumkan bahwa sejumlah mitra menggunakan teknologi AI generatif NVIDIA untuk mentransformasikan pengalaman di dalam kendaraan.
  • Memperkenalkan model dasar Project GR00T untuk robot humanoid dan pembaruan utama platform robotika Isaac.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks