3 Daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

3 Daaerah penghasil kopi terbaik di Indonesia

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover | topik.id

Apa yang terbesit di dalam pikiran anda tentang kopi ?, ya kini kopi menjadi tren kekinian yang bahkan menjadi lifstyle, Tak hanya orang tua kini kopi sudah menjadi candu bagi anak muda millenial.

Kopi memang telah lama menjadi komoditi alam indonesia, yang menyiratkan bahwa betapa subur nya kekayaan alam di indonesia, Apalagi kopi sekarang menjadi daya tarik masing masing daerah untuk bersaing dalam mengunggulkan hasil tani kopi milik daerah tersebut.

Dari sabang sampai merauke, terdapat banyak daerah penghasil kopi dengan kualitas unggul dari jenis kopi arabika dan robusta yang sangat di hargai para pecinta kopi di seluruh dunia.

Nah, Penasaran kan dari daerah mana saja penghasil kopi terbaik di indonesia.

Berikut ulasan 3 Daerah penghasil kopi terbaik di indonesia yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Senin (28/09/2020).

1. Gayo, Aceh

Perkebunan kopi yang sudah ada selama lebih dari satu abad ini terletak di aerah dataran tinggi Gayo, Aceh tengah dan menjadi daerah penghasil kopi terbesar dan terluas di indonesia, Gayo terkenal dengan kualitas kopi arabica nya yang sempat  beberapa kali dinobatkan sebagai arabica terbaik di dunia, kopi memiliki ciri khas tingkat kekentalan yang ringan, keasaman yang seimbang, dan aroma yang khas dan rasa tidka terlalu pahit.

2. Kintamani, Bali

Pegunungan kintamani di bali menjadi salah satu daerah penghasil komoditas terbaik selanjutnya. kopi yang di tanam  di perkebunan ini diairi dengan sistem pengairan subak, Kopi kintamani mempunyai ciri khas tingkat kekentalan yang sedang, keasaman yang cukup rendah serta tanpa rasa sepat, unik nya kopi ini mengeluarkan aroma rempah saat di seduh.

3.Tanggamus, Lampung

Perkebunan kopi tanggamus terletak di sekeliling lereng gunung tanggamus, daerah ini menghasilkan kopi robusta dan merupakan 40% seluruh hasil kopi di lampung, robusta tanggamus sangat populer dengan cita rasa chocolaty serta aroma yang kuat.

Bagikan:
Komentar

Terbaru