Tren akun Instagram dengan topik sejarah paling berfaedah

Jas Merah, kata bijak Soekarno tertanam kuat dalam akun-akun Instagram dengan topik sejarah yang menarik dan kekinian.

Editor: Hendrik Syah
Bagikan:


Kata bijak Ir. Soekarno proklamator negara Republik Indonesia "Jas Merah: Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah" tertanam kuat dalam generasi muda Indonesia. Sebab bicara Indonesia tak bisa lepas dari catatan sejarah.

Buktinya deretan akun media sosial berbagi foto Instagram itu mengupas tokoh-tokoh Indonesia paling bersejarah. Tentunya akun-akun ini memberi faedah atau bermanfaat dan edukasi kepada siapa saja yang membacanya.

Dari penelusuran TOPIK.ID, Minggu (11/10/2020), akun media sosial ini  mempublikasikan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah Indonesia, mulai dari sejarah hingga seluk-beluk aktivitas tokoh ternama di Indonesia.

Akun tersebut mempublikasikan foto dan video tempo dulu dari seluruh daerah di Indonesia, baik monokrom maupun berwarna. 

Galeri foto-foto itu kebanyakan berupa lansekap, keluarga tokoh, aktifitas masa lalu, hingga sejarah perjalanan proklamator negara Republik Indonesia, Soekarno.

Berikut tren akun Instagram dengan topik sejerah paling berfaedah (bermanfaat) yang dirangkum TOPIK.ID, Minggu (11/10/2020).
[cut]


1. @historiadotid (historia.id).

Akun ini paling populer memberikan konten sejarah yang menarik dan kekinian. Mempublikasikan headline artikel-artikel dari website historia.id dengan grafik dan ilustrasi yang rapi nan ciamik. 

Akun ini memilih  tagline ‘Masa Lampau Selalu Aktual’.

Historia sangat konsisiten dengan hal kekinian dan selalu saja menemukan konten yang berhubungan dengan hal kekinian tersebut dari masa lampau. 

Seperti diketahui, konten-konten itu gratis untuk dibaca di website historia.id.


2. @arsipnasionalri (Arsip Nasional RI).

Akun ini berbeda dari historia, sesuai deskripsi bio, akun ini adalah akun instagram resmi ANRI yang dikelola oleh Biro Perencanaan dan Humas ANRI. 

Dalam akun ini dipublikasikan berkas maupun video-video arsip negara mulai dari era kolonial hingga era pasca kemerdekaan. Di akun ini pula info-info webinar mengenai dunia pengarsipan kerap diadakan.
[cut]


3. @neohistoria (Neo Historia).

Akun ini dikelola oleh komunitas pecinta sejarah yang berasal dari berbagai kalangan generasi dari seluruh penjuru Indonesia walau namanya hampir sama dengan historia.id. Akun  ini tidak berafiliasi dengan majalah historia.

Konten-konten yang dipublikasikan akun ini tak terkonsentrasi pada sejarah Indonesia saja, namun juga sejarah dunia juga. 

Hal menarik lainnya, terkadang akun ini menggunakan referensi meme populer dalam menyajikan konten di akunnya.


4. @perfectlifeid (Perfect Life Indonesia).

Sejarah itu penuh warna, begitu tagline dalam akun Perfect Life Indonesia yang mempublikasikan foto-foto masyarakat Indonesia masa lampau.

Akun ini juga menarik untuk diikuti, karena selalu konsisten memposting hal yang baru di masa lalu.

Jika Anda punya rekomendasi tambahan akun Instagram yang mengulas tentang topik sejarah Indonesia silakan cantumkan di kolom komentar, salam Inspiring Indonesia!
Bagikan:
Komentar

Terbaru