12 Negara memiliki lebih dari satu ibu kota, salah satunya di Asia

Ternyata negara-negara ini memiliki lebih dari satu ibu kota, di antaranya ada juga negara di Benua Asia, negara mana? simak rangkumannya.

Hendrik Syahputra author photo
Simpan
iklan
cover | topik.id

Ibu kota menjadi parameter pembangunan masa depan suatu negara untuk membangun pusat peradaban baru, seperti ekonomi, politik, culture hingga sektor pariwisata.

Berbicara masa depan Indonesia yang masih memiliki Jakarta sebagai ibu kotanya, menurut sistem pembagian administratif Indonesia, Jakarta merupakan provinsi dengan status daerah khusus.

Diera kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Indonesia akan memiliki ibu kota baru yang dinamai Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi mengutarakan bahwa sejumlah progres infrastruktur seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta akses jalan berjalan dengan baik.

"Land development untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan," jelas Presiden Jokowi dalam keterangannya di Bendungan Sepaku Semoi, baru-baru ini.

Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. "Saya kira ini progres yang baik," jelas Presiden Jokowi kembali.


Setiap negara memiliki satu ibu kota yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan umumnya mimilki wilayah yang luas seperti IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Namun tahukah Anda? Ternyata ada juga negara yang memiliki lebih dari satu ibu kota, di antaranya ada negara di Benua Asia.

Kendati begitu, tentunya ada berbagai alasan dan ketentuan secara administratif, suatu negara memiliki lebih dari satu ibu kota. Mulai dari sejarahnya, proses penentuan daerah dan hal lainnya.

Lantas, negara-negara mana sajakah yang memiliki lebih dari satu ibu kota? Berikut rangkuman 12 negara memiliki lebih dari satu ibu kota, salah satunya negara di Asia.
[cut]
Afrika Selatan | maps.google.com

1. Afrika Selatan 

Pretoria, Cape Town dan Bloemfontein

Republik Afrika Selatan, atau yang biasa disebut Afrika Selatan, disingkat dengan Afsel, adalah sebuah negara yang terletak di kawasan paling selatan Afrika.

Afrika Selatan negara satu-satunya dengan tiga ibu kota, yaitu Pretoria, Bloemfontein, dan Cape Town, masing-masing. Ada cabang administratif di Pretoria, cabang legislatif di Cape Town, dan Bloemfontein, rumah bagi cabang yudikatif. 

Pemisahan yang disengaja menunjukkan desentralisasi dan pembagian kekuasaan antara entitas di berbagai bagian negara. 

Ini juga mengakomodasi kelompok etnis yang berbeda di seluruh Afrika Selatan dan memastikan masukan yang adil ke dalam pembuatan undang-undang sementara negara berfungsi, memperhitungkan beragam pandangan.

Ibu kota legislatif adalah rumah bagi Table Mountain yang indah , dengan pemandangan epik dari atas, dan pantai yang indah. Ini adalah ibu kota yang paling banyak dikunjungi turis di Afrika Selatan , seperti yang diperingkatkan oleh orang luar dan pengunjung pantai. 

Ibukota eksekutif Pretoria adalah surga yang rimbun dengan pangsa wisatawan yang adil. Kota ini sangat populer di kalangan penggemar alam yang mencari pohon jacaranda yang sedang mekar setiap bulan September. 

Bloemfontein adalah ibu kota peradilan dengan pemandangan kota yang sebagian besar merupakan pemukiman dan suasana santai. 
[cut]
Benin | maps.google.com

2. Benin 

Porto-Novo dan Cotonou

Republik Benin, dahulu bernama Dahomey, adalah sebuah negara di Afrika barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Faso serta Niger di sebelah utara.

Negara Benin di Afrika Barat memiliki dua ibu kota: Porto-Novo - ibu kota resminya, dan Cotonou pusat pemerintahan terbesarnya. 

Kota terbesar kedua di Benin, Porto-Novo, terletak di bagian tenggara negara itu di sepanjang teluk yaitu Teluk Guinea. 

Contonou menjadi ibukota resmi negara, rumah tempat sebagian Majelis Nasional Benin. Cotonou juga dikenal kota terbesar di Benin yang populer di kalangan wisatawan karena pemandangannya.

Kota itu juga menjadi pusat pemerintahan, merupakan rumah bagi sebagian besar kementerian pemerintah.
[cut]
Bolivia | maps.google.com

3. Bolivia 

La Paz dan Sucre.

Bolivia, atau secara resminya Negara Plurinasional Bolivia, adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat.

Bolivia merupakan rumah bagi dua ibu kota: La Paz di Pegunungan Andes dan Sucre, dengan jarak ratusan mil selatan di dataran tinggi. 

Penggambaran politik pandangan dan aspirasi tentang pemerintahan negara selama tahun 1800-an mengakibatkan pembagian tanggung jawab antara ibu kota.

La Paz merupakan ibu kota legislatif dan eksekutif Bolivia, serta pusat pemerintahan. Ini juga merupakan ibu kota tertinggi di dunia, beristirahat dengan indah di sepanjang dataran tinggi Altiplano Andes di lebih dari 3.650 meter di atas permukaan laut.

Berbatasan dengan kota El Alto di dataran tinggi, di mana raksasa yang tertutup salju dari Gunung Illimani mendominasi pemandangan dari 6.438 meter. 

Seseorang dapat mencapai pemandangan terbaik melalui perjalanan dramatis pada sistem transit kereta gantung udara Mi Teleférico yang melayani Bolivia

Sucre, ibukota konstitusional dan yudisial Bolivia , terletak di dataran tinggi selatan. Ini membanggakan tengara bersejarah Casa de la Libertad yang menonjol dan bercat putih, di mana Deklarasi Kemerdekaan Bolivia ditandatangani pada 6 Agustus 1825. 

Arsitektur yang luar biasa adalah kebanggaan dan kegembiraan kota dan atraksi budaya turis dengan galeri yang menampilkan sejarah ibukota . 
[cut]
Chili | maps.google.com

4. Chili 

Santiago dan Valpara√≠so 

Republik Chili, kadang-kadang dieja sebagai Cile, Chile, Cili, atau Chili, merupakan sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, terletak di bagian tenggara Amerika Selatan, dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Santiago. Chili biasanya dikelompokkan ke dalam tiga zona.

Dua ibu kota Chili: Santiago dan Valparaiso, hanya terpisah jarak 72 mil. 

Pertama adalah kota terbesar dan ibu kota resmi negara Chili, Santiago merupakan kota wisata yang ramai dan pusat keramaian yang penuh dengan bangunan. 

Setelah rezim Pinochet, bangsa merasa perlu untuk memulihkan dan mendesentralisasikan kekuasaan di dalam negeri dengan memindahkan legislatif nasional ke lokasi kedua pada tahun 1990. 

Entitas politik dipindahkan ke seberang Santiago, kota Valparaiso, rumah bagi pemandangan yang sangat indah.
[cut]
Pantai Gading | maps.google.com

5. Pantai Gading 

Yamoussoukro dan Abidjan

Pantai Gading adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan.

Kota terbesar dan ibu kota ekonomi Pantai Gading, Abidjan, secara de facto adalah pusat pemerintahan. 

Metropolitan budaya ini menawarkan arsitektur yang indah, seni, dan pasar yang semarak. Dengan banyaknya kantor pemerintah dan kedutaan asing, Abidjan menjalankan semua fungsi untuk memastikan kelancaran negara.

Ibukota resmi Pantai Gading adalah Yamoussoukro. Ini adalah rumah bagi fungsi pemerintahan utama, sengaja terletak di kota kedua. 

Pada bulan Maret 1983, Presiden Felix Houphouet-Boigny menjadikan tempat kelahirannya Yamoussoukro – ibukota politik dan administrasi negara.
[cut]
Ceko | maps.google.com

6. Ceko  

Praha dan Brno

Republik Ceko, Ceska, Cesko, atau Cek, atau secara singkat Ceko atau Cekia adalah sebuah negara di Eropa Tengah yang terbentuk setelah bubarnya negara Cekoslowakia.

Kastil Praha yang megah yang menampung kantor Presiden Republik Ceko. Kredit editorial: dimbar76 / Shutterstock.com

Kota Praha yang terkenal di dunia adalah ibu kota resmi Republik Ceko . Kota indah di Sungai Vltava ini menampilkan sejarah dan budaya Eropa Tengah. 

Kastil Praha abad ke-9 yang megah di kota ini menampung kantor Presiden negara itu. 

Bagi Mahkamah Agung, bagaimanapun, terletak di kota Brno yang kurang dikenal, sebuah kota yang menawarkan institusi pendidikan yang baik dan daya tarik yang aneh - Ossuary Brno dipenuhi dengan ribuan kerangka manusia.
[cut]
Montenegro | maps.google.com

7. Montenegro 

Podgorica dan Cetinje

Montenegro adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Selatan. Tepatnya berada di negara Balkan dan berbatasan dengan Laut Adriatik di selatan, Kroasia di barat, Bosnia dan Herzegovina dan Serbia di utara, dan Albania di selatan. Sebagai ibu kota negara adalah Podgorica.

Istana Biru di Cetinje - Kediaman Presiden Montenegro. Kredit editorial: Dizfoto / Shutterstock.com

Montenegro memiliki ibu kota resmi Podgorica dan ibu kota tradisional Cetinje sebagai tanda kehormatan untuk masa lalu negara itu. Yang terakhir adalah bekas ibu kota Montenegro dan, saat ini, pusat budaya negara itu. 

Cetinje, juga dikenal sebagai Ibukota Kerajaan Lama, menampung kediaman Presiden, sementara Podgorica, ibu kota resmi negara dan kota terbesar, menjadi tempat penyelenggaraan fungsi resmi pemerintah.
[cut]
Sri Langka | maps.google.com

8. Sri Langka 

Kolombo dan Sri Jayawardenepura Kotte

Republik Sosialis Demokratis Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India. 

Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon.

Sri Lanka memiliki dua ibu kota: Kolombo dan Sri Jayawardenepura Kotte. Kota pesisir Kolombo adalah ibu kota eksekutif dan yudikatif negara serta kota terbesar dan pusat keuangannya. 

Sri Jayawardenepura Kotte adalah ibu kota legislatif Sri Lanka dan rumah bagi Gedung Parlemen Sri Lanka.

Gedung Parlemen lama di Kolombo. Hari ini, parlemen baru negara itu berlokasi di Sri Jayawardenepura Kotte. Kredit editorial: Alexey_Arz / Shutterstock.com

Kolombo adalah kota semarak yang penuh warna dan kekacauan, dengan pantai berpasir yang indah dan kehidupan pesta yang terkenal. Kota ini terkenal dengan pantai dan landmarknya yang indah. 

Karena kota menjadi terlalu padat selama bertahun-tahun, legislatif nasional negara itu dipindahkan ke kota satelit Sri Jayawardenepura Kotte.
[cut]
Eswatini | maps.google.com

9. Eswatini 

Mbabane dan Lobamba

Kerajaan Eswatini adalah sebuah negara kecil di selatan Afrika yang tidak memiliki pantai dan terletak di antara Afrika Selatan di sebelah barat dan Mozambik di timur.

Wanita dalam kostum tradisional menari di Umhlanga alias Tari Buluh untuk raja mereka di Lobamba, Swaziland.

Kerajaan Eswatini adalah negara yang terkurung daratan di Afrika Selatan . Negara ini adalah kasus unik untuk membanggakan dua ibu kota sepanjang keberadaannya. 

Ada ibukota administrasi Mbabane, dan Lobamba, rumah para penguasa elit, keluarga kerajaan. 

Lobamba adalah kursi kekuasaan legislatif dan tradisional di negara itu, tempat Parlemen Eswatini bersidang. 

Mbabane merupakan ibukota administratif resmi untuk semua fungsi pemerintahan lainnya.
[cut]
Tanzania | maps.google.com

10. Tanzania 

Dar Es Salaam dan Dodoma

Tanzania, resminya Republik Bersatu Tanzania adalah negara yang terletak di Afrika bagian Timur, beriklim tropis, dahulu dikenal dengan nama Tanganyika, karena di Tanzania ada sebuah danau yang sangat terkenal yaitu Danau Tanganyika.

Negara Afrika Timur Tanzania memiliki dua ibu kota: Dodoma dan Dar es Salaam. Ibukota Tanzania, Dodoma, menampung semua gedung resmi negara itu, sementara sebagian besar urusan pemerintahan dilakukan di Dar es Salaam. 

Dodoma baru saja memperoleh status ibukota resmi pada tahun 1996, meskipun pemerintah berencana untuk pindah sejak tahun 1974.

Dodoma adalah lokasi yang direncanakan secara strategis untuk kenyamanan memerintah negara. 

Dar es Salaam tetap menjadi ibu kota bersejarah, kota terbesar dan pusat komersial Tanzania , menampung Ikulu – gedung negara, banyak lembaga pemerintah, dan kedutaan asing.
[cut]
Belanda | maps.google.com

11. Belanda


Amsterdam dan Den Haag

Belanda adalah sebuah negara yang sebagian besar terletak di Benua Eropa. Belanda merupakan bagian dari Kerajaan Belanda, sebuah negara monarki konstitusional yang mencakup seluruh bagian Belanda Eropa serta Belanda Karibia. 

Belanda terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau teritori di Karibia.

Amsterdam yang sejuk dan ramah , dengan suasana pestanya yang terkenal, berfungsi sebagai ibu kota konstitusional/resmi Belanda . 

Namun, negara kanal dan kincir angin yang indah ini diatur dari Den Haag, yang menampung Badan Legislatif negara, kabinet, dan Mahkamah Agung. 

Den Haag adalah kursi kekuasaan de facto negara itu, rumah bagi monarki, dan tempat kediaman Raja Belanda. 

Den Haag telah menjadi rumah bagi Parlemen dan pemerintah Belanda selama berabad-abad. Ini juga menampung Pengadilan Kriminal Internasional, Pengadilan Internasional, dan lembaga internasional terkenal lainnya.
[cut]
Malaysia | maps.google.com

12. Malaysia


Kuala Lumpur dan Putrajaya

Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari tiga belas negeri dan tiga wilayah federal dengan luas 330.803 km persegi. 

Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal.

Ibu kota resmi negara itu, Kuala Lumpur, terkenal dengan kehidupan malamnya dan berfungsi sebagai rumah bagi raja Malaysia dan badan legislatif nasional yang terletak di Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. 

Karena kepadatan penduduk, pemerintah ingin menangani fungsi administrasi negara, Oleh karena itu, pemerintah membangun kota baru Putrajaya pada tahun 1995 di sekitar danau buatan. 

Kota yang direncanakan ini saat ini merupakan rumah bagi pemerintah negara dan peradilan.

Kota Putrajaya yang kuno kini menjadi kompleks teknologi tinggi dan bagian dari "Multimedia Super Corridor" (MSC) regional yang menampung Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Menara Kembar Petronas di sekitarnya. 

Meskipun kantor administrasi dan kediaman resmi Perdana Menteri berada di Putrajaya, Kuala Lumpur mempertahankan status ibukota resmi, selain menjadi pusat keuangan dan komersial negara.
Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini