Ini daftar gelar pahlawan nasional tahun 2022, sesuai Keppres

Gelar ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 96/TK/Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 3 November 2022.

Hendrik Syahputra author photo
Simpan
iklan
Presiden Jokowi | @jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara. 

Penyerahan penghargaan yang dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2022 tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 7 November 2022.

"Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara," jelas Presiden Jokowi, seperti dilansir dari laman presidenri.go.id, Senin (7/11/2022).
Acara penganugerahan tersebut dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan. 

Penganugerahan  itu diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi beserta para tamu undangan terbatas lain kepada para ahli waris penerima gelar pahlawan nasional.

"Menjelang Hari Pahlawan 2022, pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima orang tokoh bangsa dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara," tulis Jokowi di akun Twitter resminya, Senin (7/11/2022).


Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Gelar itu sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 96/TK/Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 3 November 2022, 

Berikut daftar kelima tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional ialah:

1. Almarhum Dr. dr. H. R. Soeharto dari Provinsi Jawa Tengah;

2. Almarhum KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Almarhum dr. R. Rubini Natawisastra dari Provinsi Kalimantan Barat.

4. Almarhum H. Salahuddin bin Talabuddin dari Provinsi Maluku Utara.

5. Almarhum K. H. Ahmad Sanusi dari Provinsi Jawa Barat.

Bagus, layak untuk dibagikan!
TOPIK.ID sebagai media Milenial dan Gen Z untuk publik, didukung oleh publik. Menyediakan semua konten jurnalistik modernitas secara berimbang sesuai pedoman dan tentunya gratis untuk diakses demi kesetaraan informasi di Indonesia, tanpa halaman berbayar, tanpa hoax.
iklan
Komentar

iklan

Terkini