5 Website yang sediakan aset gambar gratis, tanpa copyright

Ardi Nugraha

Gambar dapat memberikan daya tarik visual yang signifikan dan meningkatkan kualitas serta daya tarik konten.

Gambar | cover: topik.id
Penggunaan gambar dalam konten online telah menjadi hal yang sangat penting. Baik itu untuk website, blog, media sosial, atau proyek-proyek kreatif lainnya.

Gambar dapat memberikan daya tarik visual yang signifikan dan meningkatkan kualitas serta daya tarik konten tersebut. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah hak cipta atau copyright dari gambar yang digunakan. 

Melanggar hak cipta dapat berdampak serius pada reputasi. Untungnya, ada beberapa website yang menawarkan aset gambar gratis, tanpa copyright, yang dapat digunakan dengan bebas oleh siapa pun. 

Bagi para profesional kreatif, blogger, dan pemilik website yang mencari gambar berkualitas tinggi tanpa harus khawatir tentang masalah hukum. 

Lantas, website apa saja yang menyediakan aset gambar secara gratis tanpa hak cipta? Berikut rangkuman TOPIK.ID sebagai rekomendasi untuk para konten kreator Indonesia: 


Unsplash adalah salah satu platform terkemuka dalam penyediaan gambar gratis dan bebas hak cipta. 

Web satu ini memiliki koleksi gambar yang sangat luas dari berbagai genre dan topik. Anda dapat mengunduh, menggunakan, dan mengedit gambar-gambar dari Unsplash dengan bebas tanpa harus memberikan atribusi kepada pengguna gambar.


Pexels adalah website lain yang menawarkan ribuan gambar gratis yang dapat digunakan secara bebas. 

Web ini mengumpulkan gambar-gambar berkualitas tinggi dari berbagai sumber, termasuk kontributor komunitas mereka sendiri. 

Anda dapat menjelajahi koleksi mereka dan menggunakan gambar-gambar tersebut untuk proyek Anda tanpa perlu khawatir tentang masalah hak cipta.


Pixabay adalah platform yang menyediakan gambar-gambar gratis tanpa copyright, ilustrasi, vektor, dan video. 

Situs ini memiliki koleksi gambar yang sangat luas dengan berbagai kategori dan topik. 

Anda dapat menggunakan gambar-gambar dari Pixabay untuk keperluan pribadi maupun komersial tanpa harus memberikan atribusi kepada pengguna gambar.


Burst by Shopify adalah sumber gambar gratis yang disediakan oleh Shopify. Mereka menyediakan gambar-gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis, pemasaran, dan proyek kreatif lainnya. 

Anda dapat menelusuri koleksi mereka yang terus diperbarui dan mengunduh gambar-gambar tersebut secara gratis.


Freepik adalah platform yang menawarkan gambar-gambar vektor, ilustrasi, foto, dan grafis lainnya secara gratis. 

Web ini memiliki koleksi yang sangat besar dan beragam yang mencakup berbagai kategori dan gaya. 

Anda dapat menggunakan gambar-gambar dari Freepik untuk proyek pribadi maupun komersial, tetapi Anda perlu memberikan atribusi kepada pembuat gambar.

Kesimpulan: 

Sebagai catatan, penting untuk diingat bahwa meskipun gambar-gambar ini bebas untuk digunakan, beberapa website mungkin memiliki persyaratan penggunaan tertentu yang harus dipatuhi. 

Pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan setiap situs sebelum menggunakan gambar yang mereka sediakan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa menggunakan gambar secara legal dan menghormati hak cipta para penciptanya.

Jadi, jangan biarkan keterbatasan dalam mencari gambar berkualitas tinggi dan bebas hak cipta menghambat kreativitas. 

Manfaatkan sumber daya yang telah disediakan oleh website-webite yang disebutkan di atas dan tingkatkan kualitas konten Anda dengan gambar-gambar menakjubkan, tanpa harus khawatir tentang masalah hukum.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks