6 Platform desain berbasis AI gratis, selain Canva

Ardi Nugraha

Solusi inovatif yang memudahkan proses pembuatan konten visual. Alat-alat ini tidak hanya mempercepat alur kerja.

ilustrasi | cover: topik.id
Kebutuhan akan alat desain atau platform yang efisien dan mudah digunakan semakin meningkat. Canva telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang untuk membuat desain grafis.

Namun ada banyak alternatif lain yang juga menawarkan fitur canggih berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang bisa membantu menciptakan desain berkualitas tinggi dengan cepat dan mudah. 

Solusi inovatif yang memudahkan proses pembuatan konten visual. Alat-alat ini tidak hanya mempercepat alur kerja, tetapi juga membuka peluang bagi siapa saja, bahkan mereka yang tidak memiliki latar belakang desain.

Masing-masing platform ini menawarkan berbagai alat dan fitur yang dapat membantu mengoptimalkan proses desain, baik untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun industri kreatif.

Berikut enam platform desain berbasis AI gratis, selain Canva yang dirangkum topik.id, Minggu (19/5/2024): 

1. Uizard.

Uizard adalah alat prototipe berbasis AI yang memungkinkan Anda mengubah sketsa manual menjadi desain digital dengan cepat. Fungsi utama Uizard adalah membuat prototipe aplikasi dan website dengan mudah. 

Manfaatnya termasuk menghemat waktu dalam proses prototyping, memudahkan non-desainer untuk membuat desain profesional, dan meningkatkan kolaborasi tim dengan visualisasi ide yang lebih jelas.

2. Diagram.

Diagram adalah alat desain dan pemodelan berbasis AI yang digunakan untuk membuat diagram, peta pikiran, dan model bisnis. Alat ini memudahkan visualisasi alur kerja dan ide. 

Manfaatnya mencakup memudahkan pemahaman konsep dan struktur kompleks, mendukung brainstorming dan perencanaan strategis, serta meningkatkan efisiensi dalam presentasi dan dokumentasi.

3. Magify Design.

Magify Design adalah platform desain grafis yang menggunakan AI untuk memudahkan pembuatan desain visual seperti poster, banner, dan konten media sosial. Fungsi utamanya adalah menyediakan berbagai template yang dapat disesuaikan. 

Manfaatnya adalah mempercepat proses pembuatan desain grafis, memudahkan pengguna tanpa keterampilan desain untuk membuat konten visual yang menarik, dan menyediakan solusi desain yang beragam untuk berbagai kebutuhan pemasaran.

4. Flair AI.

Flair AI adalah alat desain berbasis AI yang fokus pada pembuatan konten visual berkualitas tinggi. Fungsi utama Flair AI adalah menghasilkan gambar, logo, dan elemen desain lainnya dengan cepat. 

Manfaatnya termasuk menghemat waktu dalam pembuatan konten visual, menyediakan opsi desain yang kreatif dan unik, serta membantu meningkatkan estetika dan profesionalisme konten visual.

5. StockImg AI.

StockImg AI adalah layanan yang menyediakan gambar stok berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh AI. Fungsi utamanya adalah menyediakan gambar stok untuk berbagai kebutuhan. 

Manfaatnya adalah menghemat biaya dan waktu dalam mencari atau membuat gambar stok, menyediakan gambar dengan berbagai tema dan gaya, dan mendukung kebutuhan visual untuk proyek desain dan pemasaran.

6. PhotoRoom.

PhotoRoom adalah aplikasi pengeditan foto yang memungkinkan pengguna menghapus latar belakang gambar dan menggantinya dengan latar belakang baru. 

Fungsi utama PhotoRoom adalah mempermudah pengeditan foto untuk pembuatan konten produk dan materi pemasaran. 

Manfaatnya termasuk mempermudah pembuatan gambar produk yang profesional, menghemat waktu dalam pengeditan foto, dan meningkatkan kualitas visual konten pemasaran dan presentasi produk.

Sebagai catatan, setiap platform menawarkan fitur unik secara gratis dan berbayar untuk fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang lebih spesifik, sehingga proses kreatif menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

Kemampuan untuk menghasilkan desain yang efektif dan efisien dapat menjadi keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak mencoba alat-alat ini dan melihat bagaimana mereka dapat membawa perubahan positif pada kreatifitas desain. 

Jelajahi masing-masing platform dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya kerja Anda. Selamat berkreasi dan semoga desain Anda selalu memukau!
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks