Gunakan artificial intelligence, Google bimbing 24 startup kesehatan

Ardi Nugraha

Program ini dirancang untuk memperkuat kemampuan startup dalam memanfaatkan teknologi AI.

Stan Google Health | foto: @sg.gpj
Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi kekuatan pendorong yang signifikan di berbagai industri, termasuk sektor kesehatan. 

Salah satu inisiatif terkini yang menunjukkan komitmen terhadap inovasi ini adalah program pelatihan dan pengembangan yang diselenggarakan oleh Google untuk 24 startup kesehatan. 

Program ini dirancang untuk memperkuat kemampuan startup dalam memanfaatkan teknologi AI guna meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan menjawab tantangan-tantangan yang ada di bidang ini.

Kepala Google untuk Startup, Yuval Passov mengungkapkan program tiga bulan ini dimulai minggu ini di Paris dengan pertemuan tatap muka yang menghubungkan para pendiri dengan pakar industri dan pendiri lainnya yang menggunakan AI di bidang perawatan kesehatan dan kesejahteraan.
"Selama sepuluh minggu ke depan, para peserta akan mengikuti lokakarya virtual tentang praktik terbaik untuk AI dan pengembangan kepemimpinan, inovasi yang bertanggung jawab, desain produk dan akuisisi pelanggan, serta sesi bimbingan tatap muka dan dukungan proyek teknis dari para ahli dari Google Research, Google Kesehatan, Verily, Fitbit, Google DeepMind dan banyak lagi," jelas Yuval Passov dikutip, Senin (3/6/2024).
Setelah tiga bulan pertama mempelajari konten inti, startup terus menerima dukungan produk dan bimbingan dari Google untuk membantu mereka mengatasi tantangan mereka.

Berikut 24 startup kesehatan dari seluruh dunia:

Aide (Inggris) adalah layanan digital yang membantu pasien dan dokter lebih memahami dan mengelola penyakit kronis, khususnya penyakit penyerta.

AmplifAI (Arab Saudi) menggabungkan termografi berbasis AI dan visi komputer untuk menciptakan penilaian yang terstandarisasi dan obyektif terhadap ulkus kaki diabetik.

Biorce (Portugal) sedang mengembangkan solusi untuk meningkatkan uji klinis melalui kekuatan AI, dengan menciptakan Jarvis, asisten AI klinis.

C the Signs (Inggris) adalah platform prediksi kanker AI yang membantu mengidentifikasi pasien yang berisiko terkena kanker pada tahap paling awal dan paling dapat disembuhkan.

Callyope (Prancis) mengembangkan solusi pemantauan pasien jarak jauh berbasis ucapan yang membantu perawat menilai kemanjuran pengobatan dan mendeteksi kekambuhan penyakit mental serius seperti depresi, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

Clear.bio (Belanda) bekerja untuk membalikkan diabetes tipe 2 dengan nutrisi presisi, memberikan terapi digital terbaik di kelasnya berdasarkan glukometri waktu nyata.

Ephion Health (Spanyol) mengembangkan biomarker digital untuk memastikan pemantauan penyakit dan penilaian terapi yang akurat, melalui data perangkat yang dapat dikenakan, laporan klinis, dan AI untuk penilaian pasien yang tepat.

Exakt Health (Jerman) adalah aplikasi medis bersertifikat untuk fisioterapi dan pelatihan berbasis bukti dengan rencana perawatan yang sangat dipersonalisasi.

FiveLives (Prancis) adalah platform kesehatan otak digital bagi orang berusia 50+ untuk mengontrol kesehatan kognitif mereka, melalui penggabungan penilaian kesehatan otak yang tervalidasi secara klinis dan program pelatihan yang menarik.

Healthtracka (Nigeria) mendesentralisasikan akses terhadap layanan kesehatan di Afrika melalui diagnostik medis jarak jauh, menghubungkan pengguna dengan cara yang mudah untuk mengakses tes laboratorium di rumah, menerima hasil yang jelas, dan konsultasi dokter.

HearMe (Polandia) mendukung kesehatan mental karyawan melalui sesi 1:1 yang anonim dan aman dengan profesional kesehatan mental.

Juniver (Inggris Raya) memberikan bantuan sesuai permintaan untuk gangguan makan, dengan intervensi yang didukung AI untuk mendesak, pendidikan berbasis bukti, alat yang dipersonalisasi, dukungan sejawat, dan telemedis.

Mindgram (Polandia) adalah platform yang menawarkan solusi holistik yang memberikan dukungan psikologis dan pengembangan diri kepada karyawan dan kerabat mereka sepanjang waktu.

Motherbeing (Mesir) adalah solusi digital yang didedikasikan untuk kesehatan seksual dan reproduksi perempuan Arab. Platform ini menghubungkan pengguna dengan dokter, pakar, pendidikan kesehatan yang dipersonalisasi, dan asisten kesehatan yang didukung AI.

Noah Labs (Jerman) mengembangkan perangkat lunak pembelajaran mesin berbasis suara untuk deteksi dini gagal jantung dekompensasi.

Nui (Jerman) adalah aplikasi yang memberikan dukungan kepada pengasuh keluarga melalui chatbot cerdas yang memberikan panduan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan paling mendesak.

O7 Therapy (Mesir) menjembatani kesenjangan pengobatan dengan teknologi mutakhir dan profesional kesehatan mental papan atas. Aplikasi Terapi O7 menawarkan dukungan instan dan anonim melalui Sesi Obrolan, Audio, dan Video terenkripsi.

Powerful Medical (Slowakia) merevolusi diagnostik kardiovaskular dengan platform berbasis AI, memungkinkan para profesional kesehatan di seluruh UE dan sekitarnya untuk mendiagnosis dan mengelola 39 kondisi kardiovaskular.

Research Grid (Inggris) adalah mesin otomasi yang memungkinkan uji klinis lebih cepat dan lebih sukses dengan merekayasa perangkat lunak cerdas yang secara aman mengotomatisasi admin back office di seluruh siklus hidup.

Rofim (Prancis) mengkhususkan diri dalam pengembangan perangkat lunak telemedis. Platform Rofim adalah platform telemedis yang dirancang untuk menghubungkan pasien dengan profesional kesehatan, memungkinkan diagnosis, dan meningkatkan akses terhadap layanan.

SYCAI Medical (Spanyol) mengembangkan perangkat lunak perangkat medis dengan tujuan mencegah munculnya kanker di perut secara non-invasif.

Thalia Psychotherapy (Kenya) adalah startup kesehatan mental yang berfokus pada integrasi layanan kesehatan mental ke dalam sistem layanan kesehatan primer.

TibuHealth (Kenya) memberikan layanan rawat jalan yang terjangkau melalui “klinik kecil” di apotek mitra di lingkungan dengan kepadatan penduduk tinggi.

Zoie Health (Afrika Selatan) adalah platform kesehatan digital yang berfokus pada penyediaan layanan kesehatan yang terjangkau, mudah diakses, dan terjangkau bagi masyarakat yang kurang terlayani dan sangat membutuhkan.

Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks