Telegram rilis fitur Stars, jual-beli produk digital jadi gampang

Tamara

Stars dapat dibelanjakan untuk produk digital yang ditawarkan oleh bot, mulai dari buku elektronik (e-book) dan kursus daring hingga barang...

Telegram Starts | foto: @telegram
Telegram, aplikasi pesan instan yang populer dengan fitur-fitur inovatifnya, kembali menghadirkan terobosan terbaru. Kali ini, Telegram meluncurkan fitur baru yang dinamakan "Stars", Kamis (6/6/2024) waktu setempat.

Seperti penelusuran topik.id di laman resmi Telegram, fitur ini dirancang khusus untuk mempermudah transaksi jual-beli produk digital, memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mendapatkan dan menjual produk digital secara langsung melalui platform Telegram.
"Lebih dari 400 juta pengguna berinteraksi dengan bot dan aplikasi mini di Telegram setiap bulannya baik untuk membeli produk maupun untuk mengakses layanannya lainnya seperti permainan, serta aktivitas-aktivitas menarik lainnya. Dengan pembaruan hari ini, bot dan aplikasi mini dapat menjual barang dan layanan digital," keterangan resmi di laman telegram.org, dikutip Jumat (7/6/2024).
Pihak Telegram mengutarakan barang dan layanan digital selama beberapa tahun, bisnis sudah dapat menjual produk fisik di Telegram melalui bot dan aplikasi mini dan juga menerima pembayaran dari seluruh dunia. 

"Bulan ini, kami memperbarui Platform Bot agar dapat mendukung pembayaran produk digital dengan lancar. Untuk mengaktifkan pembayaran untuk barang dan layanan digital di seluruh ekosistem Telegram, kami meluncurkan Telegram Stars," jelasnya. 


Stars dapat diperoleh melalui pembelian intra-aplikasi via Apple dan Google atau Premium Bot.

"Stars dapat dibelanjakan untuk produk digital yang ditawarkan oleh bot, mulai dari buku elektronik (e-book) dan kursus daring hingga barang dalam permainan Telegram," terangnya.

"Telegram Stars patuh terhadap kebijakan terbaru Apple dan Google dalam hal penjualan produk digital dan memberikan pengembang dalam ekosistem Telegram dan pengguna mereka akses ke pembelian intra-aplikasi dalam app store ponsel," terangnya.

Dalam waktu dekat, pengembang akan dapat menarik Stars yang diperoleh bot mereka dalam bentuk Toncoin melalui Fragment.

"Dibekali dengan pembayaran yang cepat dan ramah pengguna untuk barang dan layanan digital, platform bot dan mini app akan membantu segala jenis bisnis untuk menjangkau lebih dari 900 juta calon pelanggan di Telegram," bebernya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks