Telkomsel gandeng Kominfo siapkan Wi-Fi 7, Starlink minggir dulu

Dharma Putra

Telkomsel berhasil menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia bersama Kominfo dan mitra teknologi global.

cover: topik.id
Dalam upaya untuk terus memperkuat infrastruktur teknologi di Indonesia, Telkomsel bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam mengembangkan teknologi Wi-Fi 7. 

Langkah strategis ini bertujuan untuk memberikan akses internet yang lebih cepat dan andal kepada masyarakat, serta memperkuat posisi Indonesia di panggung global dalam hal inovasi teknologi nirkabel.

Telkomsel secara resmi telah menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia bersama Kominfo. Melalui uji coba yang dilangsungkan bersama sejumlah mitra teknologi global, Telkomsel dan Kominfo telah meraih pencapaian signifikan dalam perjalanan Indonesia menuju era jaringan internet berkecepatan tinggi.

Direktur Penataan Sumber Daya Direktorat Jenderal SDPPI Kominfo, Dr. Denny Setiawan, S.T., M.T., mengutarakan memberikan kesempatan dan mendorong penyelenggara telekomunikasi, termasuk Telkomsel, untuk terus berinovasi menghadirkan layanan dengan standar teknologi terbaru bagi pelanggannya.
"Bersama dengan stakeholder, salah satunya Telkomsel, kami akan terus berupaya menghadirkan perkembangan evolusi teknologi terbaru di Indonesia agar dapat terus meningkatkan pengalaman mengakses Internet yang semakin baik bagi masyarakat. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan dan mendorong penyelenggara telekomunikasi, termasuk Telkomsel, untuk terus berinovasi menghadirkan layanan dengan standar teknologi terbaru bagi pelanggannya. Kolaborasi berkesinambungan ini diharapkan dapat membantu mempercepat pencapaian Visi Indonesia Digital 2045," jelas Denny dalam keterangan persnya, dikutip, Sabtu (8/6/2024).
Sebagai evolusi terbaru dari teknologi Wi-Fi, Wi-Fi 7 memiliki potensi untuk menyediakan kecepatan internet yang lebih tinggi, kapasitas pengguna yang lebih banyak, latensi yang lebih rendah, dan penghematan energi yang lebih baik. 

Dalam uji coba bersama dengan spesifikasi perangkat jenis Low Power Indoor (LPI), fungsionalitas dan kapabilitas Wi-Fi 7 telah menunjukkan kinerja dan stabilitas yang dapat meningkatkan pengalaman jaringan secara signifikan dan melampaui ekspektasi.

Sementara itu, Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, Ronald Limoa, merincikan validasi Wi-Fi 7 adalah sejalan dengan semangat dan visi strategis Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di regional. Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global.

"Langkah nyata dalam konvergensi teknologi dengan validasi Wi-Fi 7 adalah sejalan dengan semangat dan visi strategis Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi terdepan di regional. Menggandeng Kominfo dan sejumlah mitra teknologi global, kami terus berupaya menciptakan terobosan yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital dan transformasi industri telekomunikasi Indonesia. Sebagai yang pertama menghadirkan keunggulan teknologi Wi-Fi 7 di Indonesia, Telkomsel juga berharap dapat terus membuka semua peluang peningkatan kualitas layanan dan menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik lagi bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan bisnis, secara inklusif dan berkelanjutan," ungkapnya.

Telkomsel berhasil menyelesaikan validasi teknologi Wi-Fi 7 pertama di Indonesia bersama Kominfo dan mitra teknologi global, membuka peluang kecepatan internet hingga 10 Gbps.

Sebagai teknologi inti terkini yang dapat melengkapi solusi jaringan internet rumah, Wi-Fi 7 pun akan mendorong pengembangan jaringan Telkomsel bersama keahlian dan inovasi berkelanjutan para mitra teknologi globalnya.

Sebelumnya, internet Starlink digadang-gadang sebagai solusi dalam upaya menyediakan akses internet di Indonesia yang merata dan cepat. 

Namun, tidak terlepas dari tantangan dan kontroversi yang harus dihadapi terutama polemik biaya dan geografis Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia.

Tantangan terbesar dalam pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045 adalah mencapai kesetaraan akses dan kualitas hidup di seluruh wilayah, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

Konstelasi satelit Starlink telah mendapatkan lampu hijau untuk perizinan operasional di Indonesia, namun dengan adanya solusi internet cepat seperti Wi-Fi 7, internet Starlink besutan Elon Musk itu bakal mendapat pesaing serius. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.


Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks