![]() |
alexa | @amazon |
SVP Perangkat & Layanan Amazon, Panos Panay mengungkapkan Alexa+ teknologi terbaik, melakukan apa yang diinginkan pelanggan dengan mudah, intuitif dan alami.
"Dengan 600 juta perangkat Alexa yang kini ada di dunia, kemajuan terbaru dalam AI generatif telah membuka kemungkinan baru—memungkinkan kami untuk menata ulang pengalaman dalam upaya kami untuk membuat hidup pelanggan lebih baik dan lebih mudah setiap hari," ungkap Panos Panay dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (27/2/2025).
Dasar dari arsitektur canggih Alexa adalah model bahasa besar (LLM) yang canggih yang tersedia di Amazon Bedrock, tetapi itu baru permulaan.
Alexa+ dirancang untuk mengambil tindakan, dan mampu mengatur puluhan ribu layanan dan perangkat yang belum pernah dilakukan dalam skala ini.
"Untuk mencapainya, kami menciptakan konsep yang disebut 'pakar', ekelompok sistem, kapabilitas, API, dan instruksi yang menyelesaikan jenis tugas tertentu bagi pelanggan," jelasnya.
Alexa+ juga memperkenalkan kemampuan agen, yang memungkinkan Alexa menjelajahi internet secara mandiri untuk menyelesaikan tugas atas nama pengguna, di balik layar.
Misalnya, pengguna perlu memperbaiki oven, Alexa+ akan dapat menjelajahi web, menggunakan Thumbtack untuk menemukan penyedia layanan yang relevan, mengautentikasi, mengatur perbaikan, dan kembali untuk memberi tahu pengguna bahwa perbaikan telah selesai, tidak perlu pengawasan atau intervensi.
Alexa+ kini juga dapat menangani tugas-tugas kompleks seperti memesan tiket konser, membuat reservasi restoran, dan bahkan mengirim pesan kepada pengasuh anak atas nama pengguna.
Kemampuan asisten yang ditingkatkan mencakup rekomendasi yang dipersonalisasi dan bantuan proaktif berdasarkan preferensi dan kebiasaan pengguna.
Peningkatan utama meliputi:
- Pemrosesan bahasa alami yang lebih baik untuk interaksi yang lebih menyerupai manusia.
- Percakapan multi-langkah tanpa perlu mengaktifkan kata pemicu berulang kali.
- Penyelesaian tugas kompleks, termasuk pemesanan online dan pengiriman pesan.
- Rekomendasi yang dipersonalisasi dan bantuan proaktif.
- Integrasi dengan perangkat rumah pintar untuk kontrol dan otomatisasi yang mulus.
"Alexa yang baru sangat personal dan memberi Anda peluang untuk melakukan personalisasi lebih lanjut. Alexa mengetahui apa yang Anda beli, apa yang Anda dengarkan, video yang Anda tonton, alamat pengiriman barang, dan cara pembayaran yang Anda sukai, tetapi Anda juga dapat memintanya untuk mengingat hal-hal yang akan membuat pengalaman tersebut lebih bermanfaat," jelasnya.