Google komitmen investasi $ 1 miliar dengan penerbit berita

Google berkomitmen membayar $ 1 miliar kepada organisasi penerbit berita dalam program Google News Showcase.

Editor: Dharma Putra
Bagikan:


Perusahaan teknologi dunia, Google berkomitmen membayar $ 1 miliar kepada penerbit berita sebagai remunerasi (insentif) untuk organisasi penerbit berita di Google News Showcase, layanan Google yang baru.

Layanan Google News Showcase akan mulai bekerja berdasarkan agregator berita Google News. Proyek ini mengasumsikan akses konten yang lebih dalam, pengguna Google News dapat mengenal rubrik atau konten berita hingga melacak kronologi peristiwa.

"Sama pentingnya dengan misi Google untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengambil banyak langkah untuk mendukung industri berita, mulai dari mengirimkan 24 miliar kunjungan ke situs web berita secara global setiap bulan, hingga komitmen $ 300 juta dari Google News Initiative," tulis Sundar Pichai, CEO Google dan Alphabet di halaman resmi blog.google.

Pichai juga mnegungkapkan masih banyak yang harus dilakukan tidak hanya pendanaan darurat bagi penerbit lokal secara global untuk membantu dari dampak Covid-19, kini pria asal India tersebut memberikan solusi dan komitmen kepada penerbit berita. Program Pertumbuhan Digital Google yang ditujukan untuk penerbit kecil dan menengah untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.

"Hari ini saya dengan bangga mengumumkan bahwa Google sedang membangun dukungan jangka panjang kami dengan investasi awal sebesar $ 1 miliar dalam kemitraan dengan penerbit berita dan masa depan berita," terang Pichai.





Pengalaman jenis baru

Pembiayaan ini, komitmen terbesar Google yang akan membayar penerbit untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk berbagai jenis pengalaman berita online. 

"Google News Showcase adalah produk baru yang akan menguntungkan penerbit dan pembaca: Ini menampilkan kurasi editorial ruang redaksi pemenang penghargaan untuk memberi pembaca lebih banyak wawasan tentang berita yang penting, dan dalam prosesnya, membantu penerbit mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan audiens mereka," beber Pichai.

Komitmen untuk masa depan

Etalase Berita dan investasi keuangan Google yang akan melampaui tiga tahun pertama, difokuskan pada kontribusi untuk keberlanjutan keseluruhan mitra berita kami di seluruh dunia. 

Model bisnis untuk surat kabar, berdasarkan iklan dan pendapatan langganan telah berkembang selama lebih dari satu abad karena khalayak beralih ke sumber berita lain, termasuk radio, televisi, dan perkembangan televisi kabel dan radio satelit. 

"Internet telah menjadi perubahan terbaru, dan tentunya tidak akan menjadi yang terakhir. Bersama dengan perusahaan, pemerintah, dan masyarakat sipil lainnya, kami ingin memainkan peran kami dengan membantu jurnalisme di abad ke-21 tidak hanya bertahan, tetapi berkembang," terang Pichai kembali.

Google telah menandatangani kemitraan untuk Pameran Berita dengan hampir 200 publikasi terkemuka di Jerman, Brasil, Argentina, Kanada, Inggris Raya, dan Australia.

"News Showcase dibangun di atas program lisensi berita kami yang sudah ada, yang sudah membayar penerbit untuk jurnalisme berkualitas, dan upaya terkait berita lainnya.
 
seperti Berlangganan dengan Google , Cerita Web ,  dan berita audio . Dan itu akan memberi pembaca lebih banyak konteks dan perspektif tentang cerita penting dalam berita dan mengarahkan lalu lintas bernilai tinggi ke situs penerbit.

"Jumlah publikasi berita akan bertambah seiring dengan upaya kami untuk memperluas Pameran Berita ke negara lain termasuk India, Belgia, dan Belanda," tutup tulisan CEO Google itu.
Bagikan:
Komentar

Terbaru