CEO Google: Perubahan iklim tantangan terbesar yang kita hadapi

Sundar Pichai memberikan statement perubahan iklim sebagai tantangan terbesar dunia pada tahun kedepan dan memberikan solusi teknologi.

Editor: Dharma Putra
Share:
Sundar Pichai, CEO Google
Sundar Pichai mulai berkarir di Google pada tahun 2004 dengan jabatan sebagai Presiden Manajemen Produk. Mengemban tugas untuk menemukan berbagai cara agar manusia dapat berinteraksi dengan internet. Karya teknologi yang  ia luncurkan  adalah Chrome, Toolbar, Gears, Pack hingga Gadgets.

Tangan dingin Pichai menjadikan Google Chrome sebagai browser yang paling banyak digunakan di dunia, bersaing dengan Mozilla dan Internet Explorer. Sundar Pichai naik jabatan menjadi Wakil Presiden Senior Google yang bertanggung jawab terhadap aplikasi Google.

Pichai menjadi kepala produk dan menangani sistem operasi Android yang mana sebelumnya dipegang oleh Andy Rubin sebagai penciptanya. Di tahun 2015 pendiri Google, Larry Page, mengumumkan bahwa Sundar Pichai menjadi CEO hingga sekarang.

Lantas teknologi apa yang akan dikembangkan pria kelahiran India ini di masa depan? 

Baru-baru ini Sundar Pichai memberikan statement terkait perubahan iklim sebagai tantangan terbesar dunia pada tahun kedepan dan memberikan solusi teknologi terkait perubahan iklim dunia dengan pusat data Google yang menggunakan energi bebas karbon.

Berikut keterangan tertulis Sundar Pichai yang dilansir dari laman resmi Google:



Halo sesama penghuni bumi yang terkasih. Terima kasih telah mendengarkan. Saya tidak dapat memikirkan masalah lain yang akan menyatukan mantan Presiden Obama, Paus Fransiskus, dan BLACKPINK. Ini lebih merupakan bukti bahwa perubahan iklim adalah tantangan terbesar yang kita hadapi…dan itu akan mempengaruhi kita semua dengan cara yang sangat pribadi.

Anda tahu, ada kelangkaan air ketika saya tumbuh dewasa dan kekeringan sering terjadi. Seiring waktu, permukaan air menjadi sangat rendah dan banyak rumah tidak memiliki akses ke air bersih. Kami harus menunggu air jatah untuk dibawa ke truk, dan kemudian menunggu dalam antrean panjang untuk membawa air kembali ke rumah.

Ada kalanya truk tidak datang sama sekali — dan itu semua hanyalah bagian dari kehidupan normal.

Maju cepat ke tahun 2015, saya terbangun dengan berita bahwa Chennai mengalami banjir 1 dalam 100 tahun dan melihat gambar di mana seluruh kota terendam air. Lebih dari dua juta orang mengungsi. Itu benar-benar menyadarkan saya, secara pribadi, bagaimana perubahan iklim dapat berdampak pada masyarakat, terutama mereka yang sudah menghadapi tantangan.

Beberapa tahun setelah itu, saya terbangun dengan langit oranye dan asap dari kebakaran hutan terdekat di California. Itu adalah pengingat lain bagaimana perubahan iklim berdampak pada begitu banyak komunitas kita.

Terlepas dari tantangan ini, saya masih optimis tentang masa depan kita.

Itu karena saya percaya pada orang. Sepanjang sejarah, orang telah membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kami telah mengembangkan vaksin yang menyelamatkan jiwa, memperluas peluang melalui internet dan mendarat di bulan.

Memecahkan perubahan iklim adalah upaya besar umat manusia berikutnya.

Tapi tidak seperti pendaratan di bulan — ada tenggat waktu yang jelas untuk tindakan, dan konsekuensi berat jika kita gagal.

Namun ada kabar baik juga: Ada lebih banyak orang yang berfokus pada penyelesaian perubahan iklim daripada sebelumnya. Dari pemerintah dan peneliti akademis, hingga perusahaan seperti kami, hingga orang-orang seperti Anda.

Dan generasi Anda berhak menuntut solusi dan meminta pertanggungjawaban kami.

Titik terang lainnya adalah teknologi. Banyak yang bisa berubah dalam sepuluh tahun. Sepuluh tahun yang lalu sebagian besar konsumsi energi Google berasal dari sumber tradisional. Hari ini, kami mencocokkan 100 persen energi kami dengan sumber terbarukan.

Itu menunjukkan kepada Anda apa yang mungkin dalam satu dekade. Dan sekarang, kami fokus pada sepuluh tahun ke depan.

Daripada memberi tahu Anda apa yang kami lakukan — izinkan saya menunjukkannya kepada Anda. Seperti inilah tampilan di dalam salah satu pusat data Google.

Pusat data adalah apa yang membuat internet berjalan. Mereka mendukung game yang Anda streaming dan video YouTube yang Anda tonton. Dan mereka menggunakan sekitar 1% dari listrik dunia, dan dengan demikian mengubah cara listrik dihasilkan dapat membuat dampak besar pada 99% lainnya.

Itu sebabnya kami ingin menjalankan pusat data kami dengan energi bebas karbon, 24/7. Jadi, di masa mendatang, setiap penelusuran yang Anda lakukan, setiap video YouTube yang Anda tonton, setiap Gmail yang Anda kirim akan didukung oleh energi bersih — sumber seperti angin, matahari, dan panas bumi. Dan tujuan kami adalah melakukan semua ini pada tahun 2030.

Saat ini, saya sedang berdiri di dalam gedung terbaru kami di kantor pusat kami di California. Seperti yang Anda lihat, itu masih dalam pembangunan. Ini akan membawa desain ruang kerja dan keberlanjutan ke tingkat yang baru. Semua kayu berasal dari sumber yang bertanggung jawab. Dan saat hujan, kami mengumpulkan air, mengolahnya, dan menyimpannya di tangki untuk digunakan di masa mendatang.

Share:
Komentar

Terbaru