5 Keterampilan era digital yang harus dikuasai, cuan menanti

Kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk menciptakan perubahan.

Ardi Nugraha
A- A+
cover: topik.id
Teknologi telah mengubah cara semua orang bekerja, belajar, berkomunikasi hingga mobilitas untuk menjalani kehidupan sehari-hari. 


Di era serba digital saat ini, memiliki keterampilan yang relevan dan up-to-date terkait perkembangan digital menjadi kunci sukses untuk bersaing dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi begitu cepat.

Keterampilan era digital penting untuk dikuasai agar dapat menghadapi tantangan di masa depan. 

Hal itu dapat menjadi prospek yang sangat menjanjikan karena Indonesia sebagai salah satu negara Asia dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia.

Salah satu indikator atau parameter perkembangan digital di suatu negara bisa dihitung dari pengguna internet di suatu negara.

Berikut data pengguna internet Indonesia per Januari tahun 2022:

Sumber Data: We Are Social

Merujuk dari data We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia per Januari 2022.

Pengguna internet pada awal tahun 2023

Namun, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta orang pada kurun waktu 2022-2023.

Jumlah tersebut meningkat 2,67% dibandingkan pada periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna. 

Jumlah pengguna internet tersebut setara dengan 78,19% dari total populasi Indonesia yang sebanyak 275,77 juta jiwa.

Maka, jika dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 1,17 persen dibandingkan pada 2021-2022 yang sebesar 77,02%.

Dengan tingginya angka pengguna internet, kesempatan di bidang kreatif dan digitalisasi di Indonesia sangat menjanjikan untuk menjadikan profesi utama para generasi muda.

Lantas, keterampilan apa saja yang harus dikuasai? Berikut rangkuman topik.id terkait lima keterampilan era digital yang harus dikuasai yang dapat menghasilkan cuan atau keuntungan di masa depan, Rabu (5/7/2023):
[cut]
cover: topik.id

1. Literasi Digital.

Literasi digital adalah fondasi dari semua keterampilan era digital. Ini bukan hanya tentang kemampuan menggunakan smartphone atau mengoperasikan komputer, tetapi juga tentang pemahaman mendalam tentang dunia digital.

Pemahaman tentang keamanan data, privasi, dan etika dalam menggunakan teknologi adalah bagian integral dari literasi digital.

2. Pemrograman dan Pengembangan Web.

Pemrograman dan pengembangan web memberikan kekuatan untuk menciptakan dan membangun masa depan digital. 

Dengan pemahaman tentang bahasa pemrograman yang relevan, Anda dapat menciptakan aplikasi, situs web, dan sistem canggih lainnya yang dapat membantu memecahkan masalah dunia nyata.

3. Analisis Data.

Data telah menjadi aset yang sangat berharga di era digital ini. Kemampuan untuk menganalisis data dan menggali wawasan.

Dari kumpulan informasi besar menjadi penting untuk membuat keputusan yang cerdas dan strategi yang efektif.

4. Komunikasi Digital.

Komunikasi digital adalah jembatan yang menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia. 

Keterampilan berkomunikasi secara efektif melalui email, pesan instan, dan platform media sosial memungkinkan semua orang untuk menjalin hubungan bisnis, berbagi ide, dan menyampaikan pesan dengan lebih efisien.
[cut]
cover: topik.id

5. Kreativitas dan Inovasi.

Dalam dunia yang terus berkembang, kreativitas dan inovasi menjadi kunci untuk menciptakan perubahan dan memajukan masyarakat. 

Keterampilan ini memungkinkan Anda untuk berpikir berbeda, menciptakan konten yang menarik, dan menemukan solusi unik untuk tantangan yang dihadapi.

Kesimpulan

Keterampilan era digital tidak hanya membuka pintu kesempatan dalam karier dan bisnis, tetapi juga memungkinkan untuk seseorang menjadi ahli digital yang tanggap membuka peluang dan lapangan pekerjaan. 

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, belajar dan menguasai keterampilan era digital adalah investasi penting untuk masa depan.

Namun, penting untuk diingat bahwa perkembangan teknologi tidak pernah berhenti. Selain keterampilan yang telah dirangkum.

Dengan membangun fondasi yang kuat dalam keterampilan era digital, semua orang dapat menghadapi masa depan dengan percaya diri dan sukses di dunia yang semakin terhubung.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


Digilife Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks