Gedung Putih buat aturan main AI, perusahaan teknologi sepakat?

Presiden Biden mengumpulkan tujuh perusahaan AI terkemuka di Gedung Putih.

Ardi Nugraha
A- A+
Presiden AS, Joe Biden | cover: topik.id
Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Joe Biden-Kamala Harris terus melangkah kedepan untuk membuat regulasi dan kesepakatan atas penggunaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasaan buatan.

Sejak menjabat, Presiden Biden, Wakil Presiden Harris, dan seluruh Administrasi Biden-Harris telah bergerak dengan urgensi untuk meraih janji yang luar biasa dan mengelola risiko yang ditimbulkan oleh Kecerdasan Buatan dan untuk melindungi hak dan keselamatan orang Amerika. 

Sebagai bagian dari komitmen ini, Presiden Biden mengumpulkan tujuh perusahaan AI terkemuka di Gedung Putih diantaranya Amazon, Anthropic, Google, Inflection, Meta, Microsoft, dan OpenAI. 

Seperti penelusuran topik.id, Senin (24/7/2023) dari laman resmi whitehouse.gov mengumumkan bahwa Administrasi Biden-Harris telah mendapatkan komitmen sukarela dari perusahaan-perusahaan ini untuk membantu bergerak menuju pengembangan teknologi AI yang aman, terjamin, dan transparan .   

"Perusahaan yang mengembangkan teknologi baru ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan produk mereka aman. Untuk memaksimalkan potensi AI, Administrasi Biden-Harris mendorong industri ini untuk menegakkan standar tertinggi guna memastikan bahwa inovasi tidak mengorbankan hak dan keselamatan orang Amerika," keterangan resmi yang tertulis dari laman whitehouse.gov.

Pemerintah AS juga merincikan poin-poin kesepakatan dengan tujuh perusahaan sebagai berikut:

Memastikan Produk Aman Sebelum Memperkenalkannya ke Publik

Perusahaan berkomitmen untuk pengujian keamanan internal dan eksternal sistem AI mereka sebelum dirilis. Pengujian ini, yang sebagian akan dilakukan oleh pakar independen, melindungi beberapa sumber risiko AI yang paling signifikan, seperti keamanan hayati dan keamanan dunia maya, serta dampak sosialnya yang lebih luas.

Perusahaan berkomitmen untuk berbagi informasi di seluruh industri dan dengan pemerintah, masyarakat sipil, dan akademisi dalam mengelola risiko AI. Ini termasuk praktik terbaik untuk keselamatan, informasi tentang upaya untuk mengakali perlindungan, dan kolaborasi teknis.

Membangun Sistem yang Mengutamakan Keamanan

Perusahaan berkomitmen untuk berinvestasi dalam keamanan siber dan perlindungan ancaman orang dalam untuk melindungi bobot model yang dimiliki dan belum dirilis. Bobot model ini adalah bagian paling penting dari sistem AI, dan perusahaan setuju bahwa bobot model harus dirilis hanya jika diinginkan dan ketika risiko keamanan dipertimbangkan.

Perusahaan berkomitmen untuk memfasilitasi penemuan pihak ketiga dan pelaporan kerentanan dalam sistem AI mereka. Beberapa masalah mungkin tetap ada bahkan setelah sistem AI dirilis dan mekanisme pelaporan yang kuat memungkinkannya ditemukan dan diperbaiki dengan cepat.

Mendapatkan Kepercayaan Publik

Perusahaan berkomitmen untuk mengembangkan mekanisme teknis yang kuat untuk memastikan bahwa pengguna mengetahui kapan konten dihasilkan oleh AI, seperti sistem watermarking. Tindakan ini memungkinkan kreativitas dengan AI berkembang tetapi mengurangi bahaya penipuan dan penipuan.

Perusahaan berkomitmen untuk secara terbuka melaporkan kemampuan, keterbatasan, dan area penggunaan sistem AI mereka yang sesuai dan tidak pantas. Laporan ini akan mencakup baik risiko keamanan maupun risiko sosial, seperti dampak terhadap keadilan dan bias.

Perusahaan berkomitmen untuk memprioritaskan penelitian tentang risiko sosial yang dapat ditimbulkan oleh sistem AI, termasuk menghindari bias dan diskriminasi yang berbahaya, dan melindungi privasi. Rekam jejak AI menunjukkan bahaya dan prevalensi dari bahaya ini, dan perusahaan berkomitmen untuk meluncurkan AI yang menguranginya.   

Perusahaan berkomitmen untuk mengembangkan dan menggunakan sistem AI canggih untuk membantu mengatasi tantangan terbesar masyarakat. Dari pencegahan kanker hingga mitigasi perubahan iklim hingga banyak hal di antaranya, AI—jika dikelola dengan baik—dapat berkontribusi sangat besar bagi kemakmuran, kesetaraan, dan keamanan semua orang.

Dari laman itu juga AS memberikan penjelasan administrasi akan bekerja dengan sekutu dan mitra untuk membangun kerangka kerja internasional yang kuat untuk mengatur regulasi pengembangan dan penggunaan AI. 

"Itu telah berkonsultasi tentang komitmen sukarela dengan Australia, Brasil, Kanada, Chili, Prancis, Jerman, India, Israel, Italia, Jepang, Kenya, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Filipina, Singapura, Korea Selatan, UEA, dan Inggris. Amerika Serikat berusaha untuk memastikan bahwa komitmen ini mendukung dan melengkapi kepemimpinan Jepang dalam G-7 Proses Hiroshima—sebagai forum penting untuk mengembangkan prinsip bersama untuk tata kelola AI—serta kepemimpinan Inggris dalam menyelenggarakan KTT tentang Keamanan AI, dan kepemimpinan India sebagai Ketua Kemitraan Global untuk AI. Kami juga sedang mendiskusikan AI dengan PBB dan Negara Anggota di berbagai forum PBB," jelasnya.

Sementara itu, President of Global Affairs, Google & Alphabet, Kent Walker mengutarakan Google bangga dapat bergabung dengan perusahaan AI terkemuka lainnya untuk bersama-sama berkomitmen memajukan praktik yang bertanggung jawab dalam pengembangan kecerdasan buatan. 

"Kami bangga dapat bergabung dengan perusahaan AI terkemuka lainnya untuk bersama-sama berkomitmen memajukan praktik yang bertanggung jawab dalam pengembangan kecerdasan buatan. Hari ini adalah tonggak sejarah dalam menyatukan industri untuk memastikan bahwa AI membantu semua orang. Komitmen ini akan mendukung upaya G7, OECD, dan pemerintah nasional untuk memaksimalkan manfaat AI dan meminimalkan risikonya," tulis Walker di laman resmi Google.

Walker juga menekankan pihaknya sudah lama percaya bahwa berani menggunakan AI berarti bertanggung jawab sejak awal. 

"Kami menyadari bahwa terkadang kekuatan alat AI baru dapat memperkuat tantangan sosial saat ini seperti misinformasi dan bias yang tidak adil. Itulah mengapa pada tahun 2018 kami menerbitkan serangkaian Prinsip AI untuk memandu pekerjaan kami, dan membentuk tim tata kelola untuk menerapkannya dengan melakukan tinjauan etis terhadap sistem baru, menghindari bias, dan menggabungkan privasi, keamanan, dan keselamatan. Dan Perangkat AI Bertanggung Jawab kami juga membantu pengembang mengejar AI secara bertanggung jawab. Kami akan terus berupaya membangun kepercayaan pada sistem AI, termasuk dengan membagikan laporan kemajuan pekerjaan kami secara berkala," komitnya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.


News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks