Perkuat layanan kesehatan, Kemenkes RI-Google Cloud adopsi Gen AI

Dharma Putra

Kemenkes berkomitmen untuk membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses oleh setiap individu, menyederhanakan sistem bagi profesional kesehatan.

foto: logo Google Cloud
Kesehatan merupakan aspek utama dalam kehidupan manusia, dan kemajuan teknologi telah menjadi alat tak terpisahkan dalam memperkuat layanan kesehatan. 

Langkah signifikan telah diambil oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan perusahaan teknologi raksasa Google Cloud dalam mengadopsi kecerdasan buatan (AI) generatif (Gen AI) untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. 

Hal ini diungkap di laman resmi Google Indonesia dalam kemitraanya dengan Kemenkes yang memperluas kolaborasi dengan Google Cloud untuk mendukung pengembangan inovasi Gen AI khusus layanan kesehatan, selaras dengan tujuan yang ditetapkan dalam cetak biru pemerintah Indonesia untuk transformasi kesehatan digital dan prakarsa Visi Indonesia Digital 2045.
"Kolaborasi kedua organisasi yang dimulai pada tahun 2022, Google Cloud telah menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin untuk menguji inovasi gen AI tingkat perusahaan dan yang disesuaikan secara medis, yang memungkinkan inovasi tersebut disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan kesehatan," keterangan tertulis Google Indonesia dalam blog resminya yang dikutip topik.id, Rabu (8/5/2024).
Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji merincikan Kemenkes berkomitmen untuk membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses oleh setiap individu, menyederhanakan sistem bagi profesional kesehatan sehingga fokus pada perawatan pasien, dan memperkuat ekosistem layanan kesehatan melalui inovasi yang bertanggung jawab. 

"Di Kementerian Kesehatan, kami berkomitmen untuk membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses oleh setiap individu, menyederhanakan sistem bagi profesional kesehatan sehingga mereka dapat fokus pada perawatan pasien, dan memperkuat ekosistem layanan kesehatan melalui inovasi yang bertanggung jawab. Selagi kami berupaya memajukan adopsi AI, keseimbangan antara inovasi dan pertimbangan etis sangat penting untuk kesuksesan. Dengan mematuhi prinsip dan praktik AI yang bertanggung jawab," jelasnya.

Lanjutnya, Kemenkes akan memanfaatkan potensi AI sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat. Ia juga berterima kasih kepada Google Cloud karena telah menyediakan sebuah lingkungan pengujian yang aman untuk inovasi AI layanan kesehatannya, dan berharap dapat menjajaki penerapan lebih lanjut dari teknologi.

"Kami dapat memastikan bahwa kami memanfaatkan potensi AI sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat. Kami berterima kasih kepada Google Cloud karena telah menyediakan sebuah lingkungan pengujian yang aman untuk inovasi AI layanan kesehatannya, dan berharap dapat menjajaki penerapan lebih lanjut dari teknologi ini guna memberdayakan kehidupan yang lebih sehat dan memuaskan di seluruh Indonesia," harapnya.

Seperti diketahui, kolaborasi terbaru ini adalah bagian dari tujuan Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan akses, pengalaman, dan hasil layanan kesehatan bagi setiap individu di Indonesia, serta melengkapi upaya berkelanjutan dengan Google Cloud untuk menyempurnakan proses di sektor layanan kesehatan di Indonesia.

Sementara itu Country Director, Indonesia, Google Cloud Fanly Tanto mengutarakan Gen AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi layanan kesehatan, namun memilih solusi yang tepat sangatlah penting.

"Saat Google Cloud menghadirkan kemajuan AI baru pada produk kami, komitmen kami ada dua: untuk memberikan kemampuan bantuan yang kuat, dan untuk memastikan teknologi kami mencakup perlindungan yang tepat bagi organisasi, penggunanya, dan masyarakat. Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan sangatlah penting sebagai landasan bagi pertumbuhan solusi gen AI yang aman dan terjamin di sektor layanan kesehatan Indonesia, yang membuka jalan bagi akses informasi kesehatan sesuai permintaan dan diagnosa atau rencana perawatan yang lebih tepat dengan tetap menjaga privasi dan keamanan data pasien," terang Fanly Tanto, Country Director, Indonesia, Google Cloud. 
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks