ByteDance saingi Meta, aplikasi Whee bakal benamkan Instagram

Sebelumyan, ByteDance juga merilis aplikasi TikTok Notes.

M. Ihsan
A- A+
Whee | foto: Google Play
ByteDance, perusahaan teknologi raksasa yang dikenal dengan aplikasi TikTok, kembali menghebohkan industri media sosial dengan meluncurkan aplikasi baru bernama Whee. 

Aplikasi ini disebut-sebut sebagai pesaing berat Instagram, yang sudah lama mendominasi pasar berbagi foto dan video milik Meta. 

Kehadiran Whee mengundang banyak perhatian dan spekulasi, mengingat rekam jejak ByteDance dalam menciptakan platform media sosial yang sukses secara global.

Dari penelusuran topik.id, Senin (24/6/2024) aplikasi Whee sudah tersedia di Google Play, Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur unik yang dirancang untuk menarik perhatian pengguna muda dan kreatif. Beberapa fitur unggulannya yang serupa dengan Instagram antara lain:
  • Tab Chat ala DM IG: Untuk komunikasi teks pribadi.
  • Camera: Fitur untuk meng-upload konten foto.
  • Timeline: Melihat berbagai update dari pengguna lain.
Selain itu, pada menu Timeline, pengguna tidak hanya dapat melihat postingan mirip pengguna lain, namun juga dapat mengirim love atau reaksi suka, membagikan, serta berkomentar.

Aplikasi Whee
Sebelumyan, ByteDance juga merilis aplikasi TikTok Notes yang menawarkan konten teks foto informatif.
"TikTok Notes adalah platform gaya hidup yang menawarkan konten teks foto informatif tentang kehidupan masyarakat, di mana Anda dapat melihat individu berbagi tips perjalanan, resep harian," keterangan aplikasi TikTok Notes di Google Play.
TikTok Notes mirip dengan notes yang ada di Instagram, namun bedanya TikTok tidak memiliki fitur stories atau dukungan mirip Instagram Reels.

Layanan ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple Apps Store, meskipun saat ini hanya tersedia terbatas untuk wilayah tertentu. Beberapa hal yang bisa dilakukan di TikTok Notes:
  • Memposting foto dan teks.
  • Memposting beberapa foto sekaligus dalam bentuk carousel.
  • Melihat postingan foto dari pengguna lain.
Walaupun TikTok tidak banyak mengungkap tentang fitur dan fungsi aplikasi, selain fakta bahwa pengguna dapat masuk dengan akun TikTok mereka yang sudah ada.

Dapat dilihat dari tangkapan layar pada App Store menunjukkan bahwa postingan tersebut akan muncul dalam kisi dua kolom di halaman beranda. 

Tangkapan layar dan postingan pengguna juga menunjukkan pengguna dapat memposting beberapa foto melalui postingan carousel.

Dengan peluncuran aplikasi tandingan dari TikTok, persaingan antara Instagram dan TikTok semakin memanas. 

Kedua platform ini terus berinovasi dan berusaha untuk memikat perhatian pengguna skala global termasuk di Indonesia dengan fitur-fitur baru yang menarik. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks