Meta pamer Fediverse, jaringan global penghubung antar medsos

Fediverse hadir sebagai solusi untuk mengatasi fragmentasi batasan antar media sosial.

Hendrik Syahputra
A- A+
Fediverse | foto: @meta
Perusahaan induk Facebook, Meta, Inc. kembali menunjukkan inovasi terbarunya dengan meluncurkan Fediverse, sebuah jaringan global yang dapat menghubungkan berbagai platform media sosial (Medsos). 

Fediverse hadir sebagai solusi untuk mengatasi fragmentasi batasan antar media sosial, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbagi konten tanpa batasan platform.
"Fediverse adalah jaringan sosial global dari server-server yang saling terhubung yang memungkinkan orang-orang berkomunikasi lintas berbagai platform," ungkap Meta dalam postingan blog di laman resminya, dikutip Senin (8/7/2024).
Pihak Meta menjelaskan bahwa media sosial Threads adalah aplikasi pertama yang dibuat agar kompatibel dengan Fediverse untuk membantu orang bergabung dalam percakapan publik.

"Threads adalah aplikasi pertama Meta yang dibuat agar kompatibel dengan fediverse untuk membantu orang bergabung dalam percakapan publik dan menemukan komunitas mereka, apa pun server yang mereka gunakan," terangnya.

Selain itu, pengguna  fediverse akan dapat mengikuti dan berinteraksi dengan orang-orang di Threads tanpa memiliki profil Threads, dan sebaliknya.

"Visi kami adalah agar orang-orang yang menggunakan server lain yang kompatibel dengan fediverse akan dapat mengikuti dan berinteraksi dengan orang-orang di Threads tanpa memiliki profil Threads, dan sebaliknya, menghubungkan komunitas," jelasnya.

Seperti diketahui, Fediverse merupakan jaringan global dan terbuka dari server media sosial yang saling terhubung, tetapi tetap independen, masing-masing dengan pengguna, konten, dan aturannya sendiri. 

Cata kerja server saling berbagi informasi untuk memungkinkan orang terhubung dan menemukan hal-hal baru di seluruh Fediverse. 

"Fediverse memungkinkan berkomunikasi di berbagai server, bayangkan memposting di Threads dan orang-orang melihat postingan Anda di Tumblr atau Flipboard," terang pihak Meta.

"Jika Anda menggunakan email Yahoo dan teman Anda menggunakan Gmail, Anda dapat saling mengirim email karena kedua penyedia layanan mematuhi protokol yang sama. Tidak seperti email, percakapan dan profil fediverse Anda bersifat publik dan dapat dibagikan di seluruh server," ungkapnya kembali.

Saat ini, sebagian besar jejaring sosial tidak bekerja seperti itu. Misalnya, pengguna di Reddit tidak dapat mengikuti orang-orang di Pinterest. Fediverse mengubahnya, memungkinkan orang untuk saling mengikuti dan berkomunikasi lintas server yang berbeda. 

"Meta tidak memiliki fediverse. Threads hanyalah salah satu dari banyak server yang telah bergabung dengannya. Threads adalah aplikasi pertama Meta yang dibuat agar kompatibel dengan fediverse dengan mengintegrasikannya dengan ActivityPub, protokol jejaring sosial terbuka," bebernya.
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks