5 Tips merawat baterai Smartphone

Tips merawat baterai Smartphone agar lebih awet dan terjaga

Editor: Rizki Hidayat
Bagikan:
cover
Kini smartphone sudah menjadi peran besar dalam kehidupan penduduk indonesia. Hampir seluruh orang indonesia memegang smartphone di manapun dan kapanpun.

Platform media sosial Hootsuite & We are Social Merilis Untuk Indonesia, dari total 272,1 juta penduduk indonesia, pengguna internet mencapai 175,4 juta jiwa. 

Menariknya, Smartphone yang tersambung 338,2 juta unit, hampir dua kali lipat jumlah pengguna internet. 

Artinya, hampir rata-rata orang Indonesia punya lebih dari satu smartphone.  Sedangkan jumlah pengguna sosial media mencapai 160 juta jiwa.

Ini sudah membuktikan bahwa smartphone benar-benar sudah melekat dalam kehidupan masyarakat indonesia.

Nah, tingkat kerusakan pada smartphone biasa nya sering terjadi pada di baterai, mulai dari bermain game, mengisi ketika baterai mati total dan di perparah smartphone tidak segera dicabut dari charger saat ketika baterai sudah penuh.

Dengan demikian pemakaian baterai smartphone semakin hari akan semakin berkurang kualitasnya karena kesalahan saat melakukan pengisian baterai, dan jika terlalu sering melakukan kesalahan tersebut, smartphone yang anda miliki akan menimbulkan suhu panas dan berpotensi terbakar.

Berikut ulasan 5 Tips merawat baterai Smartphone, agar lebih awet dan terjaga yang dirangkum TOPIK.ID dari berbagai sumber, Kamis (05/11/2020).

1. Hindari baterai mati total.

Kebanyakan anda mengisi baterai menunggu baterai 0% atau mati total, tindakan ini sangat mempengaruhi peforma baterai anda. Disarankan anda harus mengisi daya smartphone ketika baterai berada di bawah 20% namun tidak kurang dari 15%.

2. Hindari Pengisian hingga penuh

Jika anda mengisi baterai hingga penuh atau 100% , masa pakai baterai  akan terus berkurang. Hal ini disebabkan tiap smartphone memiliki siklus pengisian daya yang tepat. Anda dapat mencabut smartphone anda tidak lebih dari 98%.

3. Jangan Ditinggal Tidur

Kebanyakan pengguna smartphone selalu mengisi baterai ketika saat malam hari atau disaat ingin tidur. Ternyata hal ini tidak baik untuk siklus baterai anda , tindakan ini hanya membuang daya listrik sebab daya akan terus di tarik.

4.  Tidak Lepas Casing

Suhu panda menjadi musuh utama dari smartphone . tentu anda tidak asing dengan softcase, hardcase, silicon case, dll.  Ketika ingin mengisi baterai disarankan untuk melepas case tersebut, jika tidak Suhu panas akan terjebak di dalam casing dan membuat baterai dan komponan internal lainnya panas.

5. Pakai Charger Umum

Biasa nya ketika lupa untuk membawa charger selalu meminjam kepada pengguna smartphone yang lain, meskipun memiliki bentuk yang sama dan dapat digunakan untuk mengisi smartphone anda, tidak semua charger memiliki daya yang sama. tindakan ini berpengaruh terhadap daya energi yang masuk di smartphone anda, disarankan untuk memakai charger dari pabrikan asal smartphone anda.
 
Bagikan:
Komentar

Terbaru