Google Indonesia buka data, generasi ini doyan HP premium dan AI

Data ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana teknologi AI menjadi tren di Indonesia.

Tamara
A- A+
cover: topik.id
Teknologi terus berkembang pesat termasuk di Indonesia, dan salah satu generasi yang paling antusias menyambut perubahan ini adalah generasi milenial dan gen Z. 

Google Indonesia, baru-baru ini merilis data menarik yang menunjukkan kecenderungan milenial dan gen Z di Indonesia terhadap handphone (HP) atau smartphone premium, serta pencarian yang meroket terkait fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

Data ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana teknologi AI menjadi tren dalam kehidupan sehari-hari generasi muda di Tanah Air.
"Dengan berbagai kecanggihan yang ditawarkan, generasi muda saat ini menjadi pengguna terbesar smartphone premium. Berdasarkan sebuah survei di Indonesia pada Maret 2024, milenial adalah peminat tertinggi smartphone premium dengan jumlah 54%, disusul dengan Gen Z sebanyak 29%, Gen X 11% dan baby boomers sebanyak 5%," keterangan Google Indonesia dalam postingannya, dikutip Rabu (26/6/2024). 
Google Indonesia juga merincikan keinginan untuk terus up-to-date dengan tren yang sedang berkembang merupakan faktor utama yang memikat Gen Z dan milenial saat akan membeli smartphone. 

Menurut riset Kantar Connected Luxury pada 2023, kedua golongan usia ini memprioritaskan dua hal yaitu kecanggihan kamera dan fitur teknologi terbaru, diikuti dengan desain dan inovasi yang memadai. 

"Antusiasme konsumen untuk memanfaatkan AI di keseharian, juga mulai berdampak kepada keputusannya memilih sebuah barang. Google Search Trend menunjukkan pencarian dengan kata kunci AI sejak tahun 2022 sampai 2024 meningkat 20%. Konsumen juga mulai terlihat memiliki ekspektasi tertinggi pada AI dalam fitur seperti photo editing, penerjemah, analisis bacaan, pembuatan dokumen, dan fitur produktivitas lainnya," terangnya.

Selain itu, kemampuan AI di fitur kamera, pembuatan draft email, otomasi chat respond, dan asisten virtual juga menjadi daya tarik.

Data Google.

Sementara itu, data dari Google Search Trends menunjukkan 1 dari 2 orang Indonesia masih mengandalkan Google dan YouTube dalam pencarian smartphone. Lebih dari 56% pengguna memakai kata kunci terkait “foldable” atau ponsel lipat. 

"Indonesia sendiri merupakan satu dari tiga negara dengan penggunaan kata kunci tersebut setelah Malaysia dan Singapura," jelasnya. 

Efektivitas mesin pencari sebagai alat pemasaran juga semakin diperkuat oleh riset Kantar Connected Luxury 2023. Riset menunjukkan 92% konsumen menemukan brand smartphone melalui mesin pencari dan 85% melalui video online. 

Sebanyak 72% responden mencari melalui website resmi brand, 66% menggunakan media sosial, 65% terpapar dengan iklan TV, media cetak dan toko offline, 64% dari iklan online dan 44% terpapar dari kolaborasi brand dengan influencer melalui rekomendasi mereka di YouTube maupun media sosial. 

"Selain fitur kamera yang mumpuni dan desain smartphone foldable, kini kehadiran AI pada smartphone juga merupakan salah satu hal yang paling dicari konsumen. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin antusias terhadap teknologi dan perubahan yang dibawa oleh AI," ungkap Google Indonesia. 
Apakah konten ini bermanfaat?
Dukung dengan memberikan satu kali kontribusi.

Share:
Berbasis data.
Paling diminati.
Bisnis Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks