Pakai label dan icon, aplikasi pemerintah ditandai di Google Play

M. Ihsan

Pengguna kesulitan membedakan aplikasi resmi pemerintah dari aplikasi lainnya.

Aplikasi Identitas Kependudukan Digital | foto: play.google.com
Aplikasi pemerintah menjadi semakin penting dalam memfasilitasi interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Namun, dengan begitu banyaknya aplikasi yang tersedia di platform distribusi seperti Google Play Store, seringkali pengguna kesulitan membedakan aplikasi resmi pemerintah dari aplikasi lainnya. 

Untuk mengatasi masalah ini, Google Play Store menghadirkan solusi baru yang diberi label khusus untuk aplikasi resmi pemerintah. 

Dari peneusuran topik.id, Selasa (7/5/2024) dari laman Google Play Store, menunjukan aplikasi resmi pemerintah menggunakan label pemerintah dengan icon gedung.

Label ini akan muncul di aplikasi resmi pemerintah negara bagian dan federal seperti di Australia, Brasil, Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Di Indonesia contohnya, pada aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang dipublikasikan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (DITJEN DUKCAPIL KEMENDAGRI), pihak Google memverifikasi bahwa aplikasi tersebut terafilisasi ke pemerintah resmi.
"Play memverifikasi bahwa aplikasi ini berafiliasi dengan entitas pemerintah," keterangan dalam aplikasi Google Play.
Dengan adanya label ini, diharapkan pengguna dapat dengan mudah mengidentifikasi aplikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, sehingga dapat memperoleh layanan publik secara lebih aman dan terpercaya. 

Kementerian dan instansi resmi pemerintah divalidasi menggunakan email pemerintah saat membuat akun pengembang. Aplikasi yang lebih sensitif yang berhubungan dengan pemungutan suara atau validasi identitas memerlukan verifikasi tambahan sebelum disetujui.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin canggihnya aplikasi pemerintah, upaya-upaya seperti ini akan terus diperlukan untuk memastikan bahwa layanan publik dapat diakses dengan mudah oleh semua orang.
Share:
Konten berbasis data.
Kategori konten paling banyak dibaca.
News Terkini
Lihat semua
Komentar
Login ke akun RO untuk melihat dan berkomentar.

Terkini

Indeks